Kereta Api Dharmawangsa Ekspres

Kereta Api Dharmawangsa Ekspres melayani rute Surabaya Pasarturi-Pasar Senen PP.

Kereta Api Dharmawangsa Ekspres
ISTIMEWA
Kereta Api Dharmawangsa (Ekspres) relasi Surabaya Pasarturi-Pasar Senen 

TRIBUNNEWSWIKI.COM, SURABAYA - Kereta Api Dharmawangsa Ekspres merupakan angkutan kereta penumpang dengan kelas eksekutif dan ekonomi AC yang beroperasi di wilayah PT KAI Daop 8 Surabaya dan PT KAI Daop 1 Jakarta.

KA Dharmawangsa Ekspres ini melayani rute perjalanan Surabaya Pasarturi-Pasar Senen via Semarang dan Pasar Senen-Surabaya Pasarturi.

KA Dharmawangsa Ekspres pertama kali dioperasikan oleh pihak PT KAI Daop 8 Surabaya pada tanggal 1 Desember 2019 sekaligus menjadi launching perjalanan perdananya.

Asal Usul

Kereta Api Dharmawangsa (Ekspres) relasi Surabaya Pasarturi-Pasar Senen
Kereta Api Dharmawangsa (Ekspres) relasi Surabaya Pasarturi-Pasar Senen (ISTIMEWA)

KA Dharmawangsa ini diluncurkan sebagai respons terhadap tingginya animo masyarakat yang menggunakan moda transportasi kereta api dari Surabaya menuju Jakarta PP.

Peningkatan animo tersebut terlihat dari jumlah penumpang KA relasi Surabaya - Jakarta di tahun 2017 yang berjumlah 1.635.351 orang, kemudian di tahun 2018 terjadi kenaikan sebesar 4 persen menjadi 1.686.793 orang.

Sementara untuk tahun 2019, pada periode Januari - November (baru 11 bulan) angkanya sudah mencapai 1.420.316 penumpang.

Nama Dharmawangsa sendiri merupakan nama dari seorang tokoh yang berasal dari kerjaan Airlangga, yakni Dharmawangsa Teguh.

Dharmawangsa Teguh memiliki karakter tubuh tinggi besar, kukuh, kekar, kuat, dan pemberani. 

Karakter tersebut kemudian melekat pada KA Dharmawangsa yang menggambarkan andalnya kereta api tersebut dalam menempuh perjalanan.

Halaman
123
Ikuti kami di
Penulis: melia luthfi.husnika
Editor: Nur Afitria Cika Handayani
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved