Tren Sepatu Lokal, Xiao Fen: Tak Kalah dengan Sepatu Branded Luar Negeri

Pengamat fashion yang juga seorang desainer asal Surabaya, Xiao Fen mengatakan, sepatu lokal yang kini tengah booming memiliki desain-desain menarik

ISTIMEWA
Pengamat fashion dan desainer Surabaya, Xiao Fen 

TRIBUNNEWSWIKI.COM, SURABAYA - Tren sepatu lokal yang kualitasnya tak kalah dengan sepatu branded dari luar mulai merebak.

Pengamat fashion yang juga seorang desainer asal Surabaya, Xiao Fen mengatakan, sepatu lokal yang kini tengah booming memiliki desain-desain menarik.

"Menurut saya eksistensi sepatu lokal saat ini sangat bagus. Model yg dibuat tidak kalah bagus dari segi design dan pemakaian luar negeri. karena selain meningkatkan produksi dalam negeri sendiri, kita bisa lebih membantu perekonomian," kata Xiao Fen saat dikonfirmasi di Surabaya, Senin (16/3/2020).

Xia Fen mengatakan, tren sepatu lokal saat ini cukup kuat terutama dalam menyaingi sepatu branded dari luar negeri.

Pengaruh itu, kata dia, karena masyarakat cenderung membeli sepatu karena kenyamanan dan indah dilihat.

"Desain-desain sepatu lokal ini saya lihat juga mulai bersaing dengan sepatu luar negeri," ujarnya.

Urban Athletes Buka Cabang ke-4 di Lenmarc Mall Surabaya, Ada Kelas Valor hingga Yoga

Terkait beberapa jenis sepatu lokal yang didesain mirip dengan sepatu luar yang pernah ada, Xiao Fen kurang menyetujui hal itu.

Sebagai seorang desainer, ia tidak mendukung jika para desainer sepatu lokal membuat produknya hanya meniru desain sepatu luar tanpa ada inovasi.

"Sebagai seorang designer, pastinya saya tidak mendukung ketika kita meng copy design orang lain hanya karena model serupa tersebut banyak diminati oleh konsumen. Tapi, kita boleh terinsipirasi dengan designer lain. Bukan berarti kita meng copy hasil design orang lain," Xiao Fen memaparkan.

Ia melanjutkan, para desainer bisa terinspirasi dari produk yang sudah ada dengan cara mengembangkan desain tersebut dan memasukkan ide atau gaya desainnya sendiri.

Tips Mix and Match Sepatu Lokal untuk Milenial ala Desainer Embran Nawawi

Ditanyai soal cara memadupadankan sepatu lokal dengan gaya busana supaya tetap stylish, Xiao Fen memberikan tipsnya.

"Sepatu bisa menjadi kunci dari look yang kita pakai. Misalnya kita pakai dress putih yang polos saja, dengan design sepatu yg menonjol atay warna sepatu yg menonjol itu bisa memberi kesan sangat berbeda," kata dia.

Dengan eksistensi sepatu lokal Xiao Fen berharap para desainer semakin terasah kemampuannya dan berinovasi dalam mengembangkan produk-produk lokal menjadi lebih baik lagi.

(TRIBUNNEWSWIKI/Luthfi Husnika)

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved