Kunci Diet Seimbang ala Vivian Junita Influencer Healthy Lifestyle

Influencer Healthy Lifestyle, Vivian Junita mengatakan, diet harusnya disesuaikan dengan gaya hidup sehari-hari.

DOK. PRIBADI Vivian Junita
Vivian Junita 

TRIBUNNEWSWIKI.COM, SURABAYA - Demi menjaga bentuk tubuh tetap ideal, seseorang kerap kali melakukan diet ketat. Namun, tak jarang diet yang dilakukan tak seimbang justru berdampak buruk pada kesehatan.

Pasalnya, melakukan diet bukan mengurangi porsi makan secara drastis atau bahkan sama sekali tidak mengonsumsi karbo.

Olahraga rutin sehari-hari merupakan penunjang tepat bagi yang sedang melakukan diet.

Influencer Healthy Lifestyle, Vivian Junita mengatakan, diet harusnya disesuaikan dengan gaya hidup sehari-hari.

Icip Sirup Sehat Buatan Warga Kampung Wisata Lawang Seketeng Surabaya

Vivian Junita.
Vivian Junita. (DOK. PRIBADI Vivian Junita)

"Diet efektif itu harus menyesuaikan lifestylw, seperti pekerjaan sehari-hari kita. Patokannya kalori in dan kalori out," kata Vivian Junita, Minggu (8/3/2020).

Ia mengatakan, seseorang yang kecenderungan melakukan kegiatan aktif seperti para pekerja di luar kantor alan membutuhkan lebih banyak energi. Dengan begitu mereka tetap harus mengonsumsi makanan dengan jumlah nutrisi yang terpenuhi.

"Kalau yang kerja di luar kantor dengan mobilitas tinggi kebutuhan karbo akan lebih tinggi juga. Kalau mereka diet dengan sama sekali tidak konsumsi karbo, maka akan tidak baik untuk kesehatan," ujarnya.

Konsumsi karbo tersebut, lanjut Vivian Junita, harus diimbangi dengan makanan bernutrisi lain seperti protein, fiber hingga fat.

"Berbeda dengan pekerja non kantoran, untuk yang kerjanya di dalam ruangan seperti para desainer atau yang lebih banyak di depan layar, pola makan harus lebih dijaga. Porsi karbo yang dikonsumsi juga berbeda," jelas dia.

Untuk porsi masing-masing nutrisi makanan sehari-hari selama diet sehat, Vivian menyarankan supaya mengikuti anjuran empat sehat lima sempurna.

"Kalau soal porsinya, bisa konsumsi sayur-sayuran berserat 50 persen, karbo 10 persen ditambah protein seperti daging dan sisanya fat. Buat yang banyak aktifitas bisa konsumsi karbo lebih banyak, yakni 20 persen," jelas Vivian.

Manfaat Teh Si Taraa untuk Kesehatan, Bisa Turunkan Berat Badan hingga Kolesterol

7 Alasan Wajib Minum Jus Seledri, Jaga Kesehatan Ginjal hingga Kurangi Kolesterol

Selain porsi makanan yang cukup, Vivian menuturkan bahwa diet tidak akan berjalan seimbang tanpa adanya olahraga rutin.

Olahraga tersebut tidak melulu harus melakukan aktifitas berat seperti pergi ke tempat gym, karena menurutnya, olahraga sendiri di rumah juga bisa dilakukan untuk menunjang diet.

"Menurut saya kalau hanya jaga pola makan dan jenis makanan saja masih kurang. Bakal cepat turun tapi cepat juga naik lagi berat badannya. Harus diimbangi olahraga rutin setiap hari," ujarnya.

Olahraga tersebut menurut Vivian dapat dilakukan setelah menyelesaikan pekerjaan harian. Olahraga yang dipilih pun juga disarankan yang sesuai dengan hobi.

"Supaya lebih enjoy bisa olahraga bersama teman sepulang kantor. Pilih saja olahraga yang paling disukai supaya selama olahraga tetap menikmati dan tidak malah terbebani fisiknya," kata Vivian.

Pentingnya olahraga ini, lanjutnya, sebagai upaya balancing antara calorie in dan calorie out dari makanan yang dikonsumsi sehari-hari.

"Diet ini kan ingin menurunkan berat badan tujuannya. Biar sehat juga. Nah olahraga juga perlu disesuaikan dengan seberapa banyak konsumsi kalori setiap harinya," paparnya.

Vivian berharap, akan lebih banyak yang menerapkan diet seimbang ketimbang diet instan yang dapat menurunkan berat badan dengan cepat.

"Penginnya banyak yang menerapkan diet seimbang itu. Konsumsi nutrisi tetap terpenuhi semua tapi berat badan ideal dengan dibakar waktu olahraga. Soalnya kebanyakan sekarang dietnya 'ngoyo'. Memang turun cepat tapi naiknya lagi juga bakalan lebih cepat," pungkasnya.

(TRIBUNNEWSWIKI/Luthfi Husnika)

Ikuti kami di
KOMENTAR
273 articles 182 0

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.


Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved