Melatih Anak Berpuasa dengan Memberi Reward, Ini Kata Psikolog

Melatih anak berpuasa sejak dini dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya dengan memberikannya reward

Melatih Anak Berpuasa dengan Memberi Reward, Ini Kata Psikolog
ISTIMEWA
Melatih Anak Berpuasa dengan Memberi Reward, Ini Kata Psikolog 

TRIBUNNEWSWIKI.COM, SURABAYA - Melatih anak berpuasa sejak dini dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya dengan memberikannya reward atau hadiah ketika anak bisa menunaikan puasa.

Psikolog Anak Universitas Airlangga Dr. Primatia Yogi Wulandari, M. Si., Psikolog mengatakan, memberikan reward ini bisa menambah anak semangat untuk berpuasa.

"Pada anak di usia balita, reward ini dapat diberikan untuk melatihnya semangat berpuasa," kata Dr. Primatia Yogi Wulandari, M. Si., Psikolog pada TribunJatim.

Bentuk reward sendiri, kata Dr. Primatia Yogi Wulandari, M. Si., Psikolog, dapat disesuaikan dengan usia anak.

Home Bubble Facial Kit Profira

Primatia Yogi Wulandari, M.Si., psikolog.
Primatia Yogi Wulandari, M.Si., psikolog. (ISTIMEWA)

"Pada anak-anak balita, Semakin kecil anak, biasanya reward lebih bersifat materiil, seperti mainan, dsb. Semakin besar anak, reward dapat berupa pujian dan pelukan," kata perempuan ayng akrab disapa Mima tersebut.

Ia menambahkan, reward dapat juga diwujudkan dalam poin-poin atau stiker yang dikumpulkan, lalu ditukarkan di malam lebaran sebagai "THR" mereka.

"Reward ini penting untuk pembentukan perilaku. Tentu saja, seiring dengan usia anak, reward dapat mulai diminimalkan, karena anak juga semakin paham akan pentingnya ibadah puasa yang tidak hanya tergantung pada reward yang diperoleh," ia menjelaskan.

Home Cooked Shangri-La Hotel Surabaya

Secara harfiah, lanjut Mima, anak akan terlatih untuk menahan diri dari makan dan minum. Selain itu, penting juga untuk ikut ditanamkan pada anak mengapa umat Islam harus berpuasa.

"Dengan demikian, pengenalan agama Islam dapat dilakukan sejak dini. Di samping efek terhadap pemahaman tentang agamanya, anak akan terlatih berempati terhadap orang-orang yang memang kesulitan untuk makan dan minum dalam kehidupan sehari-harinya," kata dia.

Ditanyai soal hambatan yang sering dihadapi dalam melatih anak berpuasa, Psikolog Anak Universitas Airlangga ini mengatakan, biasanya orangtua justru yang tidak tega untuk mengajarkan anaknya berpuasa.

Halaman
12
Ikuti kami di
Penulis: melia luthfi.husnika
Editor: Nur Afitria Cika Handayani
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved