Rangkaian Olahraga untuk Mengencangkan Otot Perut Selama Puasa di Rumah Aja

Rangkaian Olahraga untuk Mengencangkan Otot Perut Selama Puasa di Rumah Aja.

TRIBUNNEWSWIKI/LUTHFI HUSNIKA
Vivian Junita saat mempraktikan gerakan full plank 

TRIBUNNEWSWIKI.COM, SURABAYA - Selama puasa di masa pandemi dan anjuran di rumah saja, tubuh akan semakin jarang bergerak. Karena, aktivitas luar rumah semakin terbatas.

Namun, hal itu bukan menjadi alasan untuk malas berolahraga. Kita masih bisa melakukan olahraga selama berpuasa, dengan memperhatikan beberapa hal.

Salah satunya jenis olahraga yang dipilih dan waktu tertentu melakukan olahraga.

Vivian Junita Influencer Healthy Life, Certified in Functional Training Academy by APKI (Asosiasi Pelatih Kebugaran Indonesia) dan Certified in Precision Nutrition (Sports Nutrition Coach) mengatakan, ada rangkaian olahraga yang bisa dilakukan selama masa di rumah saja.

Home Bubble Facial Kit Profira

Variasi Gerakan Sit Up, Olahraga untuk Kencangkan Otot Core, Bikin Perut Jadi Rata

Olahraga tersebut menurutnya tidak memerlukan aktivitas fisik yang berat, tergantung kebutuhan dan tujuan olahraga.

"Olahraga bisa dilakukan selama di rumah saja, tidak harus datang ke tempat gym dan melakukan aktivitas olahraga yang berat seperti lari atau angkat beban. Selama di rumah, kita bisa olahraga sendiri untuk mengencangkan otot-otot atau sekadar menjaga kebugaran tubuh," kata Vivian pada TribunJatim.

Vivian meklanjutkan, salah satu olahraga yang bisa dilakukan di rumah adalah olahraga untuk mengencangkan otot perut.

Dalam melakukan olahraga ini, tubuh tidak dituntut untuk berolahraga fisik yang berat.

"Melatih otot perut misalnya, bisa dilakukan dengan rangkaian olahraga seperti sit up, plank, hingga glute bridge. Semuanya bisa dilakukan di rumah tanpa menggunakan alat khusus," Vivian menjelaskan.

1. Sit Up

Sit up merupakan salah satu gerakan olahraga ringan yang aman dilakukan sendiri di rumah. Namun, Vivian Junita mengimbau gerakan sit up tetap harus dilakukan dengan benar supaya menghindari cidera.

Sit up, kata Vivian, berfungsi memperkuat otot core, salah satunya otot di bagian perut.

"Kalau sit up ini dilakukan rutin setiap hari, hasilnya otot core di bagian perut akan semakin kuat dan kencang. Dengan begitu maka perut akan menjadi rata karena otot-ototnya akan tertarik," kata dia.

Namun, meski sit up banyak melatih otot bagian perut, Vivian mengatakan, saat seseorang melakukan sit up, secara otomatis berpengaruh pada otot dibagian dada, panggul, pinggang bawah dan leher.

Dalam melakukan gerakan sit up, Vivian mengatakan terdapat beberapa variasi gerakan. "Kalau untuk basic biasanya gerakan sit up ini dengan kaki menekuk dan gerakan naik turun saja," kata Vivian.

Gerakan sit up ini menurutnya bisa dilakukan 10-20 kali bagi pemula dan bisa ditambahkan jumlahnya pada setiap harinya. "Atau bisa juga dilakukan berdasarkan putaran waktu. Jadi misal dalam waktu satu menit berapapun jumlah sit up tidak masalah," ujar Vivian.

2. Plank

Tak berbeda jauh dengan sit up, plank juga banyak dilakukan karena dapat menguatkan otot perut dan lengan.

Dalam penerapannya, Vivian menjelaskan masih banyak yang salah mengaplikasikan gerakan plank, terutama bagi pemula.

"Plank yang benar itu ketika kita melakukan gerakan kita mengaktifkan otot perut. Namun biasanya di awal-awal yang dipakai untuk menopang paha, bukan perut. Jadi bagian otot perutnya malah nggak kena," kata Vivian pada TribunJatim.

Ikuti kami di
KOMENTAR
339 articles 182 0

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.


Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved