Pertahankan Imunitas Tubuh saat Puasa dengan Rutin Jogging Setiap Hari

Pertahankan Imunitas Tubuh saat Puasa dengan Rutin Jogging Setiap Hari

Pertahankan Imunitas Tubuh saat Puasa dengan Rutin Jogging Setiap Hari
SURYA/SUGIHARTO
Ilustrasi jogging saat puasa. 

TRIBUNNEWSWIKI.COM, SURABAYA - Melakukan olahraga ringan selama menjalankan ibadah puasa di tengah pandemi Covid-19 masih terus dianjurkan.

Selain menjaga kebugaran tubuh, olahraga ringan juga bisa meningkatkan imunitas tubuh.

Salah satu olahraga yang disarankan adalah jogging. Tak harus pergi ke luar rumah, jogging tetap bisa dilakukan di dalam rumah. Sehingga masih tetap mematuhi anjuran di rumah saja.

Achmad Syamsul Farih, Distric Fitness Manager Urban Athletes Surabaya mengatakan, jogging memiliki banyak manfaat dan mudah dilakukan.

"Meskipun berpuasa tubuh harus tetap fit, agar bisa melawan virus corona. Apalagi saat ini banyak melakukan aktivitas di rumah. Jadi olahraga harus tetap berjalan, olahraga yang bisa dilakukan rumah salah satunya jogging," kata pria yang akrab disapa Syamsul ini.

Syamsul mengatakan, jogging dianjurkan karena dapat mempertahankan metabolisme dalam tubuh. Sehingga imunitas tubuh tetap terjaga meskipun sedang berpuasa.

"Jogging salah satu olahraga yang bisa memanaskan daya tahan tubuh. Tubuh kan kalau hanya diemkan saja tidak banyak gerak, imunitas juga akan menurun," imbuhnya.

Tips Menjaga Kebugaran Tubuh di Tempat Gym Selama Berpuasa

Untuk waktu jogging saat berpuasa, Syamsul menjelaskan, baik dilakukan saat pagi setelah sahur, menjelang buka, atau setelah buka puasa. Tidak dianjurkan untuk dilakukan siang hari atau sore hari.

Satu kali jogging idealnya hanya diperlukan 20 hingga 30 menit untuk jogging. Tidak perlu lama-lama. "Yang penting tubuh tetap bergerak dan intensitasnya setiap hari. Jadi harusnya rutin dilakukan," katanya.

Sebelum melakukan jogging, ujar Syamsul, ada baiknya melakukan pemanasan sekitar satu hingga tiga menit. Setelahnya baru melakukan jogging.

Tambahnya, jogging disituasi saat ini tidak harus dilakukan diluar rumah atau lapangan. Tapi juga bisa dilakukan di rumah.

"Bisa juga naik turun tangga itu juga setara dengan jogging. Kalau rumahnya sedikit luar bisa dilakukan disekeliling rumah, tidak harus diluar rumah," tutupnya.

(TRIBUNNEWSWIKI/Luthfi Husnika)

Ikuti kami di
Penulis: melia luthfi.husnika
Editor: Nur Afitria Cika Handayani
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved