Rutin Yoga Wheel Bisa Perbaiki Postur Tulang Punggung, Cocok Dilakukan di Rumah

Rutin Yoga Wheel Bisa Perbaiki Postur Tulang Punggung, Cocok Dilakukan di Rumah

Surya/Habibur Rohman
Gerakan yoga wheel bisa memperbaiki postur tulang punggung. 

TRIBUNNEWSWIKI.COM, SURABAYA - Sering melakukan aktivitas dengan posisi duduk bisa mepengaruhi kesehatan dan postur, terutama tulang punggung.

Posisi duduk yang tidak benar akan mengakibatkan postur tulang punggung kita menjadi salah.

Postur yang salah seperti cenderung membungkuk atau bengkok ke samping masih bisa diperbaiki dengan melakukan olahraga yang tepat.

Olahraga yang dapat dilakukan sebagai terapi salah satunya adalah Yoga Wheel. Yoga dengan bantuan wheel ini digadang-gadang mampu memperbaiki postur dan menjaga kesehatan.

"Yoga wheel merupakan alat bantu dari yoga, membantu latihan yang sudah pada hatha yoga," ungkap ungkap instruktur Yoga Urban Athletes Surabaya Novy Herawaty.

Gerakan yoga wheel bisa memperbaiki postur tulang punggung
Gerakan yoga wheel bisa memperbaiki postur tulang punggung (SURYA/HABIBUR ROHMAN)

Alat tersebut berbentuk bulat atau lingkaran yang berongga. Menurut Novy, yoga wheel sangat baik untuk bagian tubuh bagian atas seperti pundak, punggung, leher, dan sebagainya.

"Baik untuk yang badannya kaku atau lelah dan butuh peregangan. Gerakannya lebih banyak streching untuk melatih otot serta fleksibilitas," terangnya.

Menurut Novy, latihan ini cocok bagi yang terlalu lama duduk seperti front desk officer, penulis, dan sebagainya.

Olahraga Gunakan Fit Ball, Bisa Perkuat Otot dan Minim Cidera

"Gerakannya banyak untuk punggung. Oleh karena itu, bermanfaat untuk memperbaiki postur tulang punggung. Tapi juga melatih otot tangan, kaki, serta bagian tubuh yang lain," terang Novy.

Ada beberapa pose sederhana yang bisa dilakukan oleh pemula, seperti baddha konasana atau butterfly pose. Gerakan ini diawali dengan posisi duduk.

Posisi lutut menekuk melebar ke kedua sisi, rapatkan kedua telapak kaki sekitar satu sampai dua kali di depan tubuh.

"Posisikan wheel di depan tubuh, kedua tangan memegang di kedua sisi. Secara perhalan, dorong wheel ke depan sampai punggung merasa meregang," ungkapnya.

Latihan ini bermanfaat untuk merelaksasi kan tulang punggung, terutama pada bagian bawah.

Ada juga gerakan wharming up yang bermanfaat bagi tubuh bagian samping kanan dan kiri.

Masih dengan posisi duduk, letakkan wheel di sisi tubuh, menempel dengan iga. Sementara kaki diposisikan ke arah sebaliknya. Satu kaki ditekuk ke belakang, sementara yang satu lurus menyamping.

Rangkaian Olahraga untuk Mengencangkan Otot Perut Selama Puasa di Rumah Aja

"Secara perlahan, tubuh didorong ke arah wheel sampai terasa streching pada bagian samping. Sementara tangan lurus," Novy menguraikan.

Latihan ini dapat dilakukan dengan sampai delapan putaran napas, tergantung kekuatan masing-masing.

"Ini salah satu gerakan wharming up di yoga wheel yang bermanfaat untuk merenggangkan daerah bagian samping," ungkapnya.

Disusul gerakan ketiga yakni streching punggung. Novy mengatakan, ini merupakan latihan yang paling disuka karena memberi kenyamanan pada tubuh.

"Latihan ini diawali dengan posisi duduk, kedua kaki ditekuk. Sementara wheel diposisikan menempel pada tulang belakang ," ungkapnya.

Variasi Gerakan Sit Up, Olahraga untuk Kencangkan Otot Core, Bikin Perut Jadi Rata

Ikuti kami di
KOMENTAR
374 articles 182 0

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.


Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved