Rekomendasi Workout Tanpa Alat, Cocok Dilakukan Sendiri di Rumah

Dengan workout , postur tubuh idaman akan dapat didapatkan. Untuk itu serangkaian olahraga perlu dilakukan - tribunjatimwiki.

SURYA/SUGIHARTO
Personal Trainer Urban Arhletes Surabaya saat mempraktikan rekomendasi gerakan workout selama di rumah aja 

TRIBUNNEWSWIKI.COM, SURABAYA - Membentuk postur tubuh dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya melalui olahraga atau workout.

Dengan workout , postur tubuh idaman akan dapat didapatkan. Untuk itu serangkaian olahraga perlu dilakukan.

Workout tidak harus dilakukan di pusat kebugaran menggunakan alat-alat gym. Karena, workout sendiri di rumah sama efektivnya.

Bagi yang sedang berpuasa, Distric Fitness Manager Urban Athletes Surabaya Achmad Syamsul Farih, merekomendasikan latihan-latihan yang sederhana saja.

Latihan ini tidak membutuhkan banyak tenaga serta minim cidera. Tapi tetap bermanfaat untuk menjaga kebugaran tubuh.

"Ada banyak latihan tanpa alat yang bisa dilakukan di rumah. Gerakannya sederhana dengan memanfaatkan berat badan sebagai bebannya. Fungsinya bisa membakar kalori," serta meningkatkan metabolisme tubuh ungkapnya.

Personal Trainer Urban Arhletes Surabaya saat mempraktikan rekomendasi gerakan workout selama di rumah aja
Personal Trainer Urban Arhletes Surabaya saat mempraktikan rekomendasi gerakan workout selama di rumah aja (SURYA/SUGIHARTO)

Di antaranya yakni lunges yang fokus pada otot tubuh bagian bawah.

"Gerakannya mudah, diawali dengan berdiri tegak. Kemudian satu kaki melangkah ke depan dengan posisi selebar pinggul," katanya sambil memberikan contoh.

Kemudian, perlahan badan turun sampai tangan bisa menyentuh lantai. Latihan ini sangat bermanfaat untuk melatih otot kaki.

Setelah lunges selesai, dapat dilanjutkan dengan latihan hinge untuk merenggangkan sendi-sendi tubuh.

Gerakannya juga sederhana. Pertama, badan berdiri tegak dengan posisi kaki selebar bahu. Kemudian lakukan gerakan membungkuk dengan lutut sedikit menekuk serta posisi punggung tegak lurus secara natural.

"Lalu angkat kembali ke atas. Saat turun, tarik napas dalam-dalam dan keluarkan saat kembali naik. Latihan ini sekaligus bermanfaat untuk melatih otot punggung bawah," ungkapnya.

Kedua latihan tersebut dapat ditutup dengan modified push up. Latihan ini merupakan push up modifikasi yang bisa dilakukan untuk pemula.

"Gerakannya diawali dengan posisi lutut dan telapak tangan menempel di lantai. Posisi tangannya, selebar bahu," kata Achmad.

Rutin Yoga Wheel Bisa Perbaiki Postur Tulang Punggung, Cocok Dilakukan di Rumah

Manfaat Push Up dan Plank, Perkuat Otot dan Jaga Kebugaran Selama di Rumah Saja

Kemudian secara perlahan turun sampai mendekati lantai, kemudian naikkan lagi. Ulangi sampai beberapa kali.

"Saat turun, tarik napas dalam-dalam lalu hembuskan saat naik. Latihan ini bermanfaat untuk otot perut, bahu, serta dada," terangnya.

Idealnya, menurut Achmad, latihan tersebut dapat dilakukan 10 sampai 15 repetisi (pengulangan) dan juga 3 sampai 4 set untuk setiap variasi latihannya.

Tapi sebelumnya lakukan pemanasan dulu seperti jumping jack, high knee, atau jogging selama lima menit," Achmad menambahkan.

Ia menyarankan melakukan latihan pada siang hari karena saat itu tubuh membongkar cadangan energi berupa lemak.

"Tapi tetap disesuaikan dengan kemampuan masing-masing. Agar posisinya tepat, sebaiknya didampingi oleh profesional terlebih dahulu agar hasil sesuai dengan yang diharapkan," imbuhnya.

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved