KAI Daop 9 Jember Resmi Perpanjang Pembatalan Kereta Penumpang hingga 30 Juni 2020

PT KAI Daop 9 Jember memperpanjang masa pembatalan operasi perjalanan kereta api (KA) penumpang hingga 30 Juni 2020

KAI Daop 9 Jember Resmi Perpanjang Pembatalan Kereta Penumpang hingga 30 Juni 2020
ISTIMEWA/PT KAI
Ilustrasi penumpang kereta api 

TRIBUNNEWSWIKI.COM, SURABAYA - PT KAI Daop 9 Jember memperpanjang masa pembatalan operasi perjalanan kereta api (KA) penumpang hingga 30 Juni 2020.

Pembatalan operasi perjalanan KA tersebut berdasarkan pertimbangan bahwa upaya pencegahan penyebaran Covid-19 masih terus dilakukan, sehingga pergerakan/mobilitas masyarakat yang akan menggunakan KA untuk bepergian harus dibatasi.

Sebagai upaya dalam mencegah penyebaran virus Corona (Covid-19) di tanah air, PT KAI Daop 8 Surabaya rutin melakukan pembersihan dan penyemprotan disinfektan pada area stasiun dan sarana kereta.
Sebagai upaya dalam mencegah penyebaran virus Corona (Covid-19) di tanah air, PT KAI Daop 8 Surabaya rutin melakukan pembersihan dan penyemprotan disinfektan pada area stasiun dan sarana kereta. (ISTIMEWA/Dokumen PT KAI)

Vice President PT KAI Daop 9 Jember, Agus Barkah mengatakan perpanjangan pembatalan operasi KA diatur dalam Keputusan Menteri Perhubungan RI Nomor KM 116 Tahun 2020.

"KM tersebut mengatur perpanjangan masa berlaku Peraturan Menteri Perhubungan No. 25 Tahun 2020 tentang Pengendalian Transportasi Selama Masa Mudik Idul Fitri Tahun 1441 Hijriah Dalam Rangka Pencegahan Penyebaran Covid-19," kata Agus, Senin (1/6/2020).

PT KAI Wajibkan Penumpang Kereta Api Luar Biasa Menuju DKI Harus Punya SIKM

Pemeriksaan suhu penumpang lereta api di wilayah PT KAI Daop 9 Jember
Pemeriksaan suhu penumpang lereta api di wilayah PT KAI Daop 9 Jember (ISTIMEWA/PT KAI)

Agus menambahkan, kebijakan pembatalan perjalanan KA ini akan terus dievaluasi dari waktu ke waktu.

"Tentu dengan mempertimbangkan perkembangan situasi di lapangan sehingga tidak menutup kemungkinan dapat berubah sewaktu-waktu juga," ujarnya.

Namun demikian, lanjut Agus, PT KAI Daop 9 Jember tetap melakukan perawatan sarana, dan prasarana yang ada sehingga kehandalannya dapat terjaga apabila sewaktu waktu perjalanan KA beroperasi kembali.

PT KAI Operasikan Kereta Api Luar Bisa ke Berbagai Rute Mulai 12 Mei 2020

“Disaat perjalanan KA berhenti beroperasi, bukan berarti kami tidak melakukan perawatan. Berbagai perawatan mulai dari sarana, prasarana, hingga pemantauan terhadap SDM yang ada terus kami lakukan guna memastikan kehandalannya dengan tetap mematuhi protokol pencegahan penyebaran Covid-19,” ungkap Agus.

PT KAI Daop 9 Jember sendiri telah membatalkan 23.544 tiket pada bulan April, dan 8.193 tiket pada periode 1 - 30 Mei.

Dari total 31.737 tiket yang telah dibatalkan tersebut, 51 persen (16.262) pembatalan dilakukan lewat aplikasi KAI Access, dan sisanya dilakukan di loket stasiun.

(TRIBUNNEWSWIKI/Luthfi Husnika)

Ikuti kami di
Penulis: melia luthfi.husnika
Editor: Nur Afitria Cika Handayani
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved