Gubernur Jawa Timur Ajak Survivor yang Sembuh Covid-19 Donorkan Plasma Darah

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengajak survivor covid-19 Jawa Timur untuk bergotong royong melakukan gerakan aksi sosial donor plasma.

Gubernur Jawa Timur Ajak Survivor yang Sembuh Covid-19 Donorkan Plasma Darah
ISTIMEWA
Gubernur Khofifah aja survivor yang sembuh dari covid-19 donorkan plasma darah 

TRIBUNNEWSWIKI.COM, SURABAYA - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengajak survivor covid-19 Jawa Timur untuk bergotong royong melakukan gerakan aksi sosial donor plasma.

Hal itu dilakukan untuk bersama-sama membantu kesembuhan pasien covid-19 di Jawa Timur dan menurunkan angka kematian pasien covid-19.

Plasma dari pasien yang sudah sembuh akan menjadi harapan baru untuk pengobatan COVID-19 di Jawa Timur.

Sebagaimana diketahui, saat ini sudah ada sebanyak 799 pasien covid-19 Jawa Timur yang sembuh. Bahkan kemarin pada tanggal 2 Juni 2020 pertambahan angka kesembuhan pasien covid-19 Jatim mencapai angka tertinggi, dengan 100 orang pasien sembuh dalam sehari.

“Saya mengajak warga Jawa Timur survivor covid-19, yang telah dinyatakan sembuh dari covid-19, yang setelah 2 kali hasil swab dinyatakan negatif, untuk bersama-sama melakukan aksi donor plasma,” kata Gubernur Khofifah, di Gedung Negara Grahadi, Rabu (3/6/2020) pagi.

Donor plasma darah dari pasien sembuh tersebut akan digunakan sebagai terapi plasma convalescent pada pasien covid-19 yang berat dan juga sangat berat.

Sebagaimana diketahui saat ini vaksin untuk covid-19 belum ditemukan. Namun metode terapi plasma convalescent ini terbukti di Indonesia, Amerika, China, Inggris maupun Korea efektif untuk membuat pasien covid-19 sembuh total.

FDA dan WHO juga telah memberikan izin untuk penggunaan plasma convalenscent pada pasien COVID-19 berat pada tanggal 29 Mei 2020.

Pemprov Jatim Resmi Perpanjang Pembebasan Denda Pajak dan Bea Balik Nama Sampai 31 Juli 2020

Gubernur Jatim Khofifah Imbau Perantau Asal Jatim Tak Kembali ke Rantau Sampai Observasi Selesai

Ini karena dalam plasma darah pasien yang telah sembuh dari covid-19, telah terbentuk antibodi yang mampu untuk melawan virus covid-19.

Dan jika diberikan pada pasien yang tengah berjuang untuk melawan virus SARS-CoV-2, maka antibodi ini akan menjadi bala tentara untuk membunuh virus corona yang ada di dalam tubuh pasien tersebut.

Halaman
12
Ikuti kami di
Penulis: melia luthfi.husnika
Editor: Nur Afitria Cika Handayani
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved