Tips Menjaga Kulit Wajah Tetap Sehat di Era New Normal

Berikut tips menjaga kulit wajah tetap sehat meski mengenakan masker sepanjang hari di masa pandemi.

SURYA/HABIBUR ROHMAN
Dokter estetika dan CEO Profira Aestethic & Anti-Aging Clinic Surabaya, dr Fifin Marini, M. Biomed (AAM). 

TRIBUNNEWSWIKI.COM, SURABAYA - Memasuki masa transisi new normal atau tatanan normal baru, ada beberapa protokol kesehatan yang harus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, salah satunya memakai masker.

Memakai masker yang menutupi sebagian wajah setiap hari akan menimbulkan dampak terhadap kesehatan kulit wajah. Apalagi jika kurang memperhatikan kebersihan masker.

Mau tidak mau, kita harus memberi perhatian lebih pada perawatan wajah termasuk dalam memilih masker supaya kesehatan kulit tetap terjaga di masa pandemi.

Dokter estetika dan CEO Profira Aestethic & Anti-Aging Clinic Surabaya, dr Fifin Marini, M. Biomed (AAM).
Dokter estetika dan CEO Profira Aestethic & Anti-Aging Clinic Surabaya, dr Fifin Marini, M. Biomed (AAM). (SURYA/HABIBUR ROHMAN)

Dokter estetika sekaligus CEO Profira Aestethic & Anti-Aging Clinic Surabaya, dr Fifin Marini, M. Biomed (AAM), membagikan lima tips yang bisa diterapkan untuk mejaga kesehatan kulit meski harus bermasker setiap hari.

"Dampak dari memakai masker yang tidak tepat bisa menyebabkan jerawat dan iritasi kulit wajah. Apalagi saat ini kita harus pakai masker setiap hari sesuai dengan protokol kesehatan selama masa pandemi," kata dr Fifin, Selasa (9/6/2020).

Menurutnya, saat mengenakan masker seharian, sirkulasi udara di area wajah menjadi minim. Ditambah lagi wajah yang berkeringat dan tidak terserap makser akan menyumbat pori.

"Saat produksi sebum dan pori-pori tertutup akibat kondisi wajah yang lembab, maka akan muncul permasalahan lain seperti komedo atau bahkan jerawat," urainya.

dr Fifin kemudian menyarankan lima tips merawat wajah dan memilih masker yang tepat di masa pandemi dan tatanan normal baru.

Pertama, dr Fifin mengimbau supaya sering mengganti masker yang digunakan sehari-hari.

"Masker setiap hari harus ganti dengan ayng bersih. Selain untuk menghindari penularan virus, masker baru akan lebih aman digunakan karena tidak menyimpan kotoran yang bisa membuat wajah berjerawat," dr Fifin menguraikan.

Begini Kesiapan Kampung Tangguh Desa Sawocangkring Sidoarjo dalam Menyambut New Normal

Cukupi Asupan Air Selama Puasa dengan Menerapkan Tips Berikut Ini!

Tips kedua terkait pemilihan masker, ia menyarankan untuk memilih bahan berbahan katun yang memiliki daya serap tinggi.

"Kalau masker yang kita pakai memiliki daya serap tinggi maka saat berkeringan akan terserap oleh masker. Sehingga tidak menyebabkan area wajah yang tertutup jadi lembab," kata dr Fifin.

Selain itu, untuk penyerapan lebih maksimal, masker bisa dilapisi dengan tisu pada bagian tengahnya.

Ketiga, semakin sering memakai masker dan berada di luar ruangan disarankan untuk sering membersihkan wajah supaya kotoran dan minyak tidak menempel terlalu lama.

"Yang keempat ini penting juga supaya wajah tetap sehat meski sering pakai masker, harus rajin peeling. Peeling ini gunanya untuk mengangkat sel kulit mati supaya tidak menyumbat pori," dr Fifin memaparkan.

Terakhir, dr Fifin menyarankan untuk menggunakan produk skincare penunjang sesuai jenis kulit.

"Hal ini berfungsi untuk menjaga kondisi kulit di berbagai keadaan. Penggunaannya harus disesuaikan kebutuhan dan jenis kulit masing-masing," pungkasnya.

(TRIBUNNEWSWIKI/Melia Luthfi Husnika)

Ikuti kami di
KOMENTAR
415 articles 182 0

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.


Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved