Tips Cantik

Simak Cara Pilih Moisturizer yang Tepat dengan Mencocokkan Jenis Kulit

Moisturizer atau pelembab merupakan salah satu komponen skincare paling penting, terutama untuk yang punya jenis kulit kering.

ISTIMEWA
Blogger Angelika atau yang biasa dikenal dengan nama Banieun 

TRIBUNNEWSWIKI.COM, SURABAYA - Moisturizer atau pelembab merupakan salah satu komponen skincare paling penting, terutama untuk yang punya jenis kulit kering.

Namun, semua jenis kulit pada dasarnya memerlukan moisturizer untuk menutrisi kulitnya.

Sebelum memilih moisturizer, mengetahui jenis kulit sangat penting. Hal ini supaya dapat memilih moisturizer yang cocok.

"Fungsi utama moisturizer adalah untuk me-supply lapisan kulit dengan kebutuhan minyak dan kelembaban," ungkap blogger Angelika atau yang akrab dengan nama Banieun, Minggu (7/6/2020).

Tips Menjaga Kulit Wajah Tetap Sehat di Era New Normal

Blogger Angelika atau yang biasa dikenal dengan nama Banieun
Blogger Angelika atau yang biasa dikenal dengan nama Banieun (ISTIMEWA)

Penggunaan Hand Sanitizer Dapat Sebabkan Kulit Kering, Ini Cara Atasi Agar Kulit Jadi Lembab

Selain itu, lanjutnya, moisturizer juga berfungsi untuk menghaluskan kulit yang kering, memudahkan dalam ber-makeup, dan sederet manfaat lainnya

Memilih moisturizer juga susah-susah gampang. Menurut Angelika, hal penting yang perlu diperhatikan yakni mengetahui jenis kulit dan memilih moisturizer yang sesuai.

"Harus memilih yang active function, yaitu mengetahui fungsi moisturizer yang akan digunakan," tambahnya.

Secara umum ada empat jenis kulit, yakni kering, berminyak, sensitif, dan kombinasi. Masing-masing mempunyai karakteristik dan memerlukan perawatan yang berbeda pula.

Blogger Angelika atau yang biasa dikenal dengan nama Banieun
Blogger Angelika atau yang biasa dikenal dengan nama Banieun (ISTIMEWA)

Bantu Regenerasi Kulit dengan Home Peeling Kit ala Profira Aesthetic & Anti-Aging Clinic

"Pada kulit kering, banyak ditemui sel-sel kulit mati. Kulit kering terjadi karena kurangnya air dan minyak pada kulit," katanya.

Sementara pada kulit berminyak, sel-sel kulit matinya tebal dan memiliki tekstur yang kasar. Tipe kulit ini memiliki pori-pori yang besar di antara yang tipe kulit lain.

"Jumlah minyaknya, banyak pada garis T-zone. Sementara kalau kulit sensitif, memiliki lapisan sangat tipis sehingga bisa membuat iritasi kulit yang berlebih," paparnya.

Sedangkan kulit kombinasi biasanya cenderung kering pada bagian pipi dan berminyak pada T-zone.

"Saat musim dingin, jenis kulit ini cenderung sangat kering. Tetapi ketika musim panas, kulitnya bisa sangat berminyak. Biasanya ada jerawat pada hidung atau dahi karena combination skin punya masalah yang dimiliki oily sekaligus dry skin," terangnya.

Setelah mengetahui jenis kulit, memilih moisturizer bisa lebih mudah dilakukan. Biasanya, moisturizer sudah dilengkapi keterangan diperuntukkan untuk jenis kulit tertentu.

Ingin Dapatkan Kulit Cerah saat Bangun Pagi? Ikuti Tips Berikut Ini

Sangat penting untuk memilih pelembab sesuai jenis kulit. Salah memilih produk, akan berbahaya untuk kulit.

"Contohnya kita punya jenis kulit berminyak tetapi salah menggunakan pelembab untuk jenis kulit kering, maka kulit kita akan semakin berminyak dan justru bisa menimbulkan jerawat," katanya.

Contoh lainnya mempunyai jenis kulit sensitif tetapi menggunakan pelembab untuk jenis kulit lain yang kandungannya sangat berbeda untuk jenis kulit sensitif, maka akan menyebabkan kulit semakin iritasi dan rusak.

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved