New Normal

Komunitas Pecinta Kereta Api 'Si Puong' Kampanyekan New Normal di Stasiun Gubeng

Komunitas pecinta KA Surabaya yang bernama "Si Puong", melaksanakan kegiatan kampaye aturan New Normal pada transportasi kereta api.

ISTIMEWA/Dokumen PT KAI
Para Pecinta Kereta Api Kampanye New Normal di Stasiun Gubeng 

TRIBUNNEWSWIKI.COM, SURABAYA - Dalam rangka mensosialisasikan masa adaptasi New Normal kepada para penumpang kereta api, para anggota komunitas pecinta KA Surabaya yang bernama "Si Puong", melaksanakan kegiatan kampaye aturan New Normal pada transportasi kereta api.

Kegiatan tersebut dilaksanakan pada Selasa (23/6/2020) dengan cara membentangkan banner New Normal di Stasiun Surabaya Gubeng.

Sebanyak 10 anggota Komunitas si Puong berkeliling Stasiun Surabaya Gubeng dengan perlengkapan APD (Alat pengaman diri) seperti masker dan face shield, mengajak para penumpang KA agar selalu mematuhi SOP New Normal yang sudah ditentukan oleh PT KAI Daop 8 Surabaya, salah satunya wajib mengunakan masker.

Saat ini hingga akhir Bulan Juni 2020, di wilayah PT KAI Daop 8 Surabaya telah ada layanan 31 perjalanan KA.

Layanan tersebut terdiri dari 24 perjalanan KA Lokal dan 7 perjalanan KA jarak Menengah/jauh. Ketujuh perjalanan KA jarak Menengah/jauh tersebut melayani relasi dari Surabaya menuju Semarang, Cirebon, Jember, Banyuwangi dan Solo.

Para Pecinta Kereta Api Kampanye New Normal di Stasiun Gubeng
Para Pecinta Kereta Api Kampanye New Normal di Stasiun Gubeng (ISTIMEWA)

"Kami berharap agar masyarakat bisa familiar dengan aturan New Normal di transportasi kereta api. Sehingga nantinya, keamanan dan kenyamanan tetap terjaga guna mencegah penyebaran Covid-19," Ujar Kahmin, ketua Komunitas si Puong di sela-sela kegiatan.

Selain berkeliling dengan membawa alat peraga ajakan untuk melaksanakan New Normal, para anggota komunitas juga membagikan secara gratis masker bagi para penumpang yang membutuhkan dan brosur seputar New normal.

Selain itu, guna lebih menyemarkan acara kegiatan, hadir pula manusia robot yang tampil dengan mengenakan masker sebagai tanda bahwa stasiun merupakan area wajib bermasker.

4 Kereta Api Sudah Beroperasi di Wilayah KAI Daop 9 Jember, Penumpang Cukup Penuhi Syarat Ini

PT KAI Wajibkan Penumpang Kereta Api Luar Biasa Menuju DKI Harus Punya SIKM

Suprapto, Manager Humas PT KAI Daop 8 Surabaya mengatakan, kegiatan kampanye dari anggota komunitas pecinta KA kali ini di stasiun surabaya Gubeng, merupakan suatu wujud keperdulian dari elemen masyarakat.

"Pentingnya pedoman SOP New Normal yang harus dipatuhi oleh masyarakat, khususnya ketika masyarakat harus berpergian dengan menggunakan transportasi umum. Pada kampanye ini, kami menginformasikan bahwa kawasan stasiun adalah kawasan wajib bermasker," katanya.

Adapun SOP terkait New Normal di sektor angkutan KA tertuang detail dalam Surat Edaran Direktorat Perkeretaapian - Kemenhub , Nomor : SE 14 Tahun 2020 tentang Pedoman dan Petunjuk tekhnis Pendendalian Transportasi Perkeretaapian Dalam Masa Adaptasi Kebiasaan Baru untuk Mencegah Penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid -19).

Adapun aturan New Normal di sektor Transportasi Perkeretaapian sebagai berikut :

A. Protokol Kesehatan bagi penumpang KA jarak dekat/lokal:

1. Mengunakan Masker

2. Membawa hand sanitizer

3. Tidak boleh berbicara di dalam kereta

4. Melakukan cuci tangan di tempat yang telah disediakan di stasiun;

5. Jaga jarak (physical distancing);

6. Dalam kondisi sehat dan tidak terdapat gejala influensa, batuk, demam dan /atau sesak nafas;

6. Proses boarding dilakukan secara mandiri disaksikan oleh petugas boarding dan menunjukkan tiket dan identitas yang sah, kecuali tiket go show yang tidak tertera data penumpang;

Ikuti kami di
KOMENTAR
452 articles 182 0

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.


Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved