Terdampak Covid-19, Komunitas Peternak Bebek KPBP2SI Lakukan Inovasi Produk Olahan

Sebagaimana banyak usaha dan bisnis lainnya yang terdampak COVID-19, demikian pula halnya yang dirasakan oleh para anggota grup KPBP2SI.

ISTIMEWA
Acara kopdar anggota grup Facebook KPBP2SI 

TRIBUNNEWSWIKI.COM, SURABAYA - Sebagaimana banyak usaha dan bisnis lainnya yang terdampak COVID-19, demikian pula halnya yang dirasakan oleh para anggota grup KPBP2SI.

KPBP2SI merupakan grup Facebook yang berisi para peternak bebek petelur. Grup yang dibuat oleh Agni dan sang ayah berhasil memberikan solusi pada para peternak bebek untuk memaksimalkan ternaknya.

Namun, Agni mengatakan adanya larangan acara-acara adat akibat pandemi seperti acara pernikahan dan arisan membuat penjualan telur asin menurun.

"Hambatan itu tak menutup semangat kami, para anggota KPBP2SI untuk mengoptimalkan penjualan hasil ternak," kata Agni.

Berbagai dukungan dan solusi diciptakan termasuk membuat kerupuk telur asin yang menjadi inovasi terbaru untuk menikmati olahan telur bebek tersebut.

Berbahan dasar telur asin dan tepung, kerupuk dengan cita rasa gurih dan renyah ini diolah langsung oleh tangan-tangan terampil para perajin telur asin.

Agni juga giat memotivasi anggota untuk mempromosikan produk telur asin langsung kepada ibu-ibu rumah tangga di area masing-masing demi menciptakan permintaan dari level konsumen.

Komunitas Peternak Bebek Ubah Cara Ternak Tradisional Jadi Modern, Patahkan Mitos yang Berkembang

Mengelola grup Facebook bukanlah pekerjaan mudah. Agni sangat disiplin dalam menjalankan aturan grup yang wajib disepakati, salah satunya adalah dilarang berjualan.

Sebagai admin, Agni juga melakukan filter pada postingan grup agar suasana tetap nyaman dan kondusif untuk berdiskusi.

"Guna membuat suasana grup yang aktif dan menarik, saya dan KPBP2SI yang merupakan bagian dari Facebook Community Leadership Program, kerap menyiasatinya dengan membagikan informasi bisnis seputar permintaan terhadap hasil ternak," jelas Agni.

Halaman
12
Ikuti kami di
Penulis: melia luthfi.husnika
Editor: Nur Afitria Cika Handayani
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved