Selain Bikin Makanan Terlihat Cantik, Ini Alasan Makanan Perlu Diberi Garnis

Garnis, Pelengkap Makanan yang Bisa Tingkatkan Nafsu Makan. Simak Sleengkapnya!

SURYA/SYAIFUL
Garnis 

TRIBUNNEWSWIKI.COM, SURABAYA - Garnis sering dijumpai pada menu makanan mewah di restoran. Namun, garnis tidak hanya bisa disajikan di menu mewah restoran.

Garnis juga bisa diaplikasikan ke sajian makanan buatan sendiri. Karena, garnis memiliki fungsi untuk mempercantik hidangan.

Chef Executive Cluster Royal Singosari dan Regantris Hotel Surabaya, Edi Suhendi menjelaskan, garnis berasal dari Bahasa Perancis yang artinya hiasan. Fungsinya menambah daya tarik hidangan.

"Garnis itu fungsinya untuk menghias makanan supaya lebih menarik. Kalau sajian tanpa ada garnis rasanya kurang lengkap dan kurang menarik," kata Edi saat ditemui di Regantris Hotel.

Ia melanjutkan, Garnis ini sifatnya harus ada dalam sajian makanan non kuah. Baik itu olahan western maupun masakan nusantara.

"Kalau makanan diberi garnis ini bisa membuat makanannya lebih cantik, lebih menarik. Jadi kalau orang lihat bisa jatuh cinta," ujarnya.

Syarat bahan garnis, Edi menjelaskan, haruslah bahan-bahan yang bisa dimakan dan tidak berbahaya jika dikonsumsi bersamaan dengan sajian makanan.

Bahan tersebut bisa terdiri dari bahan sayur atau buah segar yang memiliki warna mencolok atau cerah. Sayur atau buah harus dipastikan bersih dan tidak berulat.

"Kalau buah bisa pakai tomat, lemon, timun. Kalau sayur ada seledri, kemangi, selada, sawi putih, kol dan bahan segar lainnya," ia menguraikan.

Tips Mengolah Daging Supaya Tidak Amis dan Prengus, Jangan Dicuci?

Potato Wedges, Makanan Ringan Pelengkap Mocktail di Regantris Hotel Surabaya

Sebelum menata garnis dalam hidangan, Edi menyarankan untuk memilih bahan segar atau meletakan bahan garnis di dalam lemari es supaya tetap fresh.

Halaman
12
Ikuti kami di
Penulis: melia luthfi.husnika
Editor: Nur Afitria Cika Handayani
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved