Adaptasi Era Pandemi, Surabaya Fashion Parade ke-13 Usung Konsep 'Viable' dan Sustainable

Adaptasi Era Pandemi, Surabaya Fashion Parade ke-13 Usung Konsep 'Viable' dan Sustainable

Penulis: melia luthfi.husnika
Editor: Nur Afitria Cika Handayani
ISTIMEWA
Adaptasi Era Pandemi, Surabaya Fashion Parade ke-13 Usung Konsep 'Viable' dan Sustainable 

TRIBUNNEWSWIKI.COM, SURABAYA - Surabaya Fashion Parade (SFP) merupakan agenda tahunan yang rutin dilakukan.

Karena masa pandemi, SFP tahun 2020 digelar dengan cara berbeda. Mengadaptasi konsep virtual, SFP akan digelar pada November 2020 mendatang.

"Challenge tahun ini cukup berat bagi SFP. Tapi kami terus berusaha supaya SFP ini bisa diselenggarakan dengan maksimal. Maka dari itu kami usung konsep baru," kata Dian Apriliana Dewi, Founder SFP saat mengisi acara di Food Society Pakuwon Mall Surabaya.

Perempuan yang akrab disapa Dian itu menjelaskan, SFP tahun ini mengusung tema 'Viable' yang artinya mampu untuk bertahan hidup dalam kondisi tertentu.

"Dengan menitikberatkan pada konsep sustainability, arah industri fashion kini bergeser dan sedang mengalami perubahan," jelas Dian.

Berangkat dari pemanfaatan teknologi yang dinamis ditambah kesadaran industri fashion terhadap green fashion, lanjutnya, maka SFP 2020 mengangkat isu ini agar dapat menjadi bagian dalam mengkampanyekan sustainable fashion secara optimal.

Adaptasi Era Pandemi, Pison Art Luncurkan Busana Bertema Luminous yang Lebih Bercahaya

Penanaman Karakter Peserta Didik Lewat Budaya Literasi Berbasis Kearifan Lokal

'Dengan mengangkat tema sustainable fashion, maka dampak buruk dalam produksi fashion dapat ditekan sehingga orang-orang yang terlibat didalamnya dapat menciptakan inovasi-inovasi yang ramah lingkungan," ujar dia.

Ia menuturkan, menghadapi tahun 2020 yang penuh tantangan berupa pandemi Covid-19, pihaknya berkomitmen tetap menyelenggarakan SFP meskipun dengan konsep yang berbeda dan penerapan new normal yang terstandardisasi.

"Event yang sedianya diadakan tanggal 16-19 April 2020 mundur ke tanggal 7-8 November 2020 dengan ide baru menjadi event virtual fashion parade pertama di Surabaya melalui live streaming Youtube Channel Surabaya Fashion Parade," Dian menjelaskan.

Menurutnya, perubahan konsep acara ini menjadi tantangan tersendiri bagi tim SFP karena perubahan konsep acara, partisipan, dan kompetisi yang diadakan.

"Dengan memberikan kesempatan untuk desainer tetap berkarya di tengah pandemi, kami percaya SFP tahun ini akan membawa pengalaman baru bagi industri fashion Surabaya dan semua yang terlibat didalamnya," pungkas Dian.

Erbe Galery Grand City Mall Surabaya

Beberapa desainer yang bergabung antara lain Deden Siswanto, Alben Ayub Andal, Aldre, Dibya, dan beberapa desainer lain yang tergabung dalam IFC Surabaya.

Kompetisi yang digelar antara lain Surabaya Model Search 2020 dan Surabaya Fashion Designer Award 2020.

SFP 2020 didukung penuh oleh Viva Cosmetics sebagai official make up seperti tahun-tahun sebelumnya, MS Glow, Sheraton Surabaya Hotel & Tower, dan Four Points Pakuwon Indah.

(TRIBUNNEWSWIKI/Luthfi Husnika)

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved