Surabaya Fashion Parade (SFP)

Surabaya Fashion Parade atau SFP merupakan event fashion show tahunan yang diciptakan oleh Dian Apriliana Dewi.

ISTIMEWA
Surabaya Fashion Parade (SFP) 2020 mengusung tema Viable 

TRIBUNNEWSWIKI.COM, SURABAYA - Surabaya Fashion Parade atau SFP merupakan event fashion tahunan.

Surabaya Fashion Parade diciptakan 13 tahun lalu, tepatnya pada 2007 di Tunjungan Plaza oleh Dian Apriliana Dewi, penggagas sekaligus founder SFP.

Event ini bertujuan untuk memberikan wadah dan mengapresiasi penggiat fashion mulai desainer, pengajar, pengrajin, model, hingga siswa sekolah fashion untuk terlibat dalam dunia fashion dengan menampilkan karya dan bakat mereka.

Adaptasi Era Pandemi, Surabaya Fashion Parade ke-13 Usung Konsep 'Viable' dan Sustainable
Adaptasi Era Pandemi, Surabaya Fashion Parade ke-13 Usung Konsep 'Viable' dan Sustainable (ISTIMEWA)

Seiring berjalannya waktu, SFP tidak hanya menjadi event lokal tetapi juga event internasional, terlebih dengan ditetapkannya SFP sebagai agenda tahunan HUT Surabaya oleh Pemkot.

Setiap tahun, SFP membawa inovasi dan trend baru dengan harapan dapat menjadi salah satu kiblat fashion di tanah air.

Sejak tahun 2017, SFP bekerja sama dengan Indonesian Fashion Chamber dan desainer-desainer yang menjadi anggota IFC untuk bersama-sama menciptakan sebuah event fashion yang spektakuler.

Erbe Galery Grand City Mall Surabaya

Adaptasi Era Pandemi, Surabaya Fashion Parade ke-13 Usung Konsep 'Viable' dan Sustainable
Adaptasi Era Pandemi, Surabaya Fashion Parade ke-13 Usung Konsep 'Viable' dan Sustainable (ISTIMEWA)

Kerja sama ini terbukti menjadikan SFP sebagai event fashion solid dan paling ditunggu-tunggu di Jawa Timur.

Konsep SFP 2020 Bertema Viable

Di tahun ke-13, SFP memilih tema Viable yang diambil dari Bahasa Inggris berarti ‘mampu untuk bertahan hidup dalam kondisi tertentu’.

Dengan menitikberatkan pada konsep sustainability, arah industri fashion kini bergeser dan sedang mengalami perubahan.

Berangkat dari pemanfaatan teknologi yang dinamis ditambah kesadaran industri fashion terhadap green fashion, maka SFP 2020 mengangkat isu ini agar dapat menjadi bagian dalam mengkampanyekan sustainable fashion secara optimal.

Dengan mengangkat tema sustainable fashion, maka dampak buruk dalam produksi fashion dapat ditekan sehingga orang-orang yang terlibat didalamnya dapat menciptakan inovasi-inovasi yang ramah lingkungan.

Menghadapi tahun 2020 yang penuh tantangan berupa pandemi Covid-19, kami berkomitmen tetap menyelenggarakan SFP meskipun dengan konsep yang berbeda dan penerapan new normal yang terstandardisasi.

Event yang sedianya diadakan tanggal 16-19 April 2020 mundur ke tanggal 7-8 November 2020 dengan ide baru menjadi event virtual fashion parade pertama di Surabaya melalui live streaming Youtube Channel “Surabaya Fashion Parade”.

Beauty Artist Regine Christya

realme 7i

Perubahan konsep acara ini tentu menjadi tantangan tersendiri bagi tim SFP karena perubahan konsep acara, partisipan, dan kompetisi yang diadakan.

Dengan memberikan kesempatan untuk desainer tetap berkarya di tengah pandemi, kami percaya SFP tahun ini akan membawa pengalaman baru bagi industri fashion Surabaya dan semua yang terlibat didalamnya.

Beberapa desainer yang bergabung antara lain: Deden Siswanto, Alben Ayub Andal, Aldre, Dibya, dan beberapa desainer lain yang tergabung dalam IFC Surabaya.

Kompetisi yang digelar antara lain Surabaya Model Search 2020 dan Surabaya Fashion Designer Award 2020.

SFP 2020 didukung penuh oleh Viva Cosmetics sebagai official make up seperti tahun-tahun sebelumnya, MS Glow, Sheraton Surabaya Hotel & Tower, dan Four Points Pakuwon Indah.

(TRIBUNNEWSWIKI/Luthfi Husnika)

Sumber:

Wawancara dengan Founder Surabaya Fashion Parade, Dian Apriliana Dewi di acara Roadshow SFP 2020 di Pakuwon Mall Surabaya, Jumat (2/10/2020).

Ikuti kami di
KOMENTAR
633 articles 182 0

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.


Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved