Pentingnya Skrining Kanker Sejak Dini, Dokter MedicElle Clinic Surabaya Sebut Soal Harapan Hidup

Pentingnya Skrining Kanker Sejak Dini, Dokter MedicElle Clinic Surabaya Sebut Soal Harapan Hidup

TRIBUNNEWSWIKI.COM/MELIA.LUTHFI.HUSNIKA
dr Sahar Bawazeer saat menunjukkan breast cancer di MedicElle Clinic Surabaya 

TRIBUNNEWSWIKI.COM, SURABAYA - Breast cancer atau kanker payudara tidak hanya diderita oleh perempuan berusia lanjut, namun juga bisa menjangkit laki-laki atau perempuan usia muda.

Hal itu diungkapkan oleh dr Sahar Bawazeer, Sp.B, dokter spesialis bedah umum dan payudara MedicElle Clinic Surabaya.

dr Sahar menuturkan, banyak pasiennya yang masih berusia 35-40 tahun. Sebagian besar dari mereka merupakan perempuan dengan risiko.

"Dulu rata-rata pasien kanker payudara berusia 50 tahun ke atas. Sekarang banyak yang usia 35-40 tahun terdiagnosa kanker," jelas dr Sahar saat ditemui di MedicElle Clinic Surabaya.

Menurutnya, kini, perempuan berusia muda rawan terkena breast cancer atau kanker payudara.

Ia mengatakan, angka kanker payudara di Indonesia cukup tinggi. Hal itu didasari kurangnya perhatian terhadap kanker.

"Menurut saya awarenes masyarakat terhadap kanker terutama kanker payudara ini masih sangat rendah. Banyak yang tiba-tiba datang sudah stadium lanjut. Ini mengkhawatirkan," ujar dia.

Baca juga: Perawatan Pasien Kanker dengan Protokol Kesehatan di MedicElle Clinic Surabaya

Baca juga: MedicElle Clinic Surabaya

Ia menyarankan, bagi perempuan dengan risiko tinggi, harus sudah melakukan skrining awal kanker di usia 30an. Sedangkan bagi yang tanpa risiko bisa mulai periksa awal pada usia 35 tahun.

"Tapi, bisa juga mulai usia 20-an sudah skrining. Nanti bisa melalui USG untuk melihat apakah memang aman atau sudah ada benjolan," jelas dr Sahar.

Untuk ritme pemeriksaan, dr Sahar mengatakan cukup dilakukan satu tahun sekali. Hal ini sebagai langkah antisipasi apabila tiba-tiba muncul benjolan.

Dengan melakukan skrining sejak dini, menurut dr Sahar, penanganan kanker akan lebih mudah. Tingkat kesembuhan juga semakin tinggi.

"Skrining awal ini memudahkan perawatan dan pengobatan. Semakin cepat ditangani, semakin tinggi angka kesembuhan dan harapan hidup," pungkasnya.

(TRIBUNNEWSWIKI/Luthfi Husnika)

Ikuti kami di
KOMENTAR
654 articles 182 0

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.


Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved