Hati-hati! Status Gunung Semeru Kini Waspada Level 2, Aman untuk Pendakian?

Hati-hati! Status Gunung Semeru Kini Waspada Level 2, Aman untuk Pendakian?

ISTIMEWA
Ilustrasi Gunung Semeru 

TRIBUNNEWSWIKI.COM, SURABAYA - Saat ini status Gunung Semeru tengah berada di waspada level 2.

Tingkat aktivitas vulkanik Gunung Semeru hingga 24 Nopember ini dinilai masih dalam waspada level 2. Tidak terdeteksi adanya peningkatan ancaman potensi bahaya.

Diungkapkan, Kepala Sub Bagian Data Evaluasi Pelaporan dan Humas TNBTS, Sarif Hidayat, hingga kini status gunung api aktif masih waspada level 2.

“Insaallah untuk pendakian masih aman karena rekomendasi pendakian hanya sampai Kalimati,” jelas Sarif, Selasa (24/11/2020).

Hanya saja dari aktivitas vulkanik gunung yang secara geografis puncaknya terletak pada 08’06'30’ lintang selatan dan 112’55'00" bujur timur dengan tinggi puncaknya (Mahameru) 3676 m dpl. 

Baca juga: Bluebird Group Raih Penghargaan UN Women dalam Promosikan Kesetaraan Gender di Tempat Kerja

Baca juga: Mau Wisata ke Pantai Tetapi Masih Pandemi? Simak Tips dari Traveler Berikut Ini!

Warga diminta menjauhi radius empat kilometer di sektor lereng selatan-tenggara kawah aktif dan tak beraktivitas di jarak satu kilometer.

“Masyarakat, pengunjung wisatawan agar tidak melakukan aktivitas dalam radius 1 km dari kawah aktif dan di wilayah sejauh 4 km di sektor lereng selatan-tenggara yang merupakan wilayah bukaan kawah aktif Gunung Semeru (Jongring Seloko) sebagai alur luncuran awan panas guguran,” pungkasnya.

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved