Informasi Jawa Timur Terbaru

Informasi Terbaru Pendakian Gunung Semeru Ditutup Total, Prediksi Cuaca Buruk Jadi Alasannya

Informasi terkini pendakian Gunung Semeru ditutup total hingga Maret 2021 karena alasan cuaca buruk

ISTIMEWA
Informasi pendakian Gunung Semeru ditutup total karena prediksi cuaca buruk. 

TRIBUNJATIMWIKI.COM, SURABAYA - Kabar terbaru bagi para pendaki Gunung Semeru, karena cuaca buruk Gunung Semeru ditutup'>pendakian Gunung Semeru ditutup sementara.

Penutupan tersebut berlangsung hingga Maret 2021 dengan ketentuan semua Gunung Semeru ditutup'>pendakian Gunung Semeru ditutup total. 

Alasan terkuat Gunung Semeru ditutup'>pendakian Gunung Semeru ditutup karena mengantisipasi potensi kondisi cuaca buruk yang mungkin terjadi.

Dalam Pengumuman Nomor: PG.15/T.8/BIDTEK.1/KSA/12/2020 tentang Penutupan Total Pendakian Gunung Semeru yang diterbitkan pada 30 Desember 2020, Gunung Semeru ditutup'>pendakian Gunung Semeru ditutup total hingga 31 Maret 2021.

Penutupan tersebut menyusul pengumuman penutupan Gunung Semeru sebelumnya yang dirilis melalui Pengumuman Nomor: PG.10/7.8/BIDTEK/BIDTEK.1/KSA/11/2020 tanggal 29 November 2020 silam.

Dalam pengumuman itu disebutkan Gunung Semeru ditutup'>pendakian Gunung Semeru ditutup sementara per tanggal 30 November 2020 hingga batas waktu yang belum ditentukan. Dengan adanya pengumuman baru ini, penutupan dilanjutkan hingga 31 Maret 2021.

Kepala Sub Bagian Data Evaluasi Pelaporan dan Humas TNBTS Sarif Hidayat , menyebutkan beberapa alasan adalah pertimbangan kondisi klimatologi peningkatan intensitas curah hujan dan kemungkinan terjadinya badai.

Sebagaimana diprakirakan oleh Stasiun Klimatologi Karangploso Malang – Pusat Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), serta dalam rangka pemulihan atau revitalisasi ekosistem.

Terkait calon pendaki Gunung Semeru yang sudah melakukan pemesanan online pendakian selama periode penutupan tersebut maka bisa melakukan rescheduling.

“Pendaki Gunung Semeru yang sudah pesan akan di-rescheduling nanti akan disampaikan berikutnya,” katanya dalam rilis yang diterima TribunJatim Wiki.

Bisa jadi juga penutupan tersebut diperpendek jangka waktunya tergantung dengan situasi dan kondisi.

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved