Informasi Jawa Timur Terbaru

Penting! Penumpang Kereta Api Wisata Kini Wajib Kantongi Hasil Rapid Test Antigen Negatif

Traveling menggunakan Kereta Api Wisata (Kawisata) jarak menengah atau jauh wajib menunjukkan hasil Rapid Test Antigen negatif.

ISTIMEWA
Kereta Api Wisata atau Kawisata - Traveling menggunakan Kereta Api Wisata (Kawisata) jarak menengah atau jauh wajib menunjukkan hasil Rapid Test Antigen negatif. 

TRIBUNJATIMWIKI.COM, SURABAYA - Sekarang, traveling menggunakan Kereta Api Wisata atau Kawisata jarak menengah atau jauh wajib menunjukkan hasil Rapid Test Antigen negatif.

Aturan tersebut berlaku sejak 22 Desember 2020 lali hingga 8 Januari 2021 mendatang.

Dalam keterangan pers yang diterima TribunJatim Wiki, aturan tersebut sesuai dengan Surat Edaran (SE) Satgas Penanganan Covid-19 Nomor 3 Tahun 2020. SE tentang Protokol Kesehatan Perjalanan Orang Selama Libur Hari Raya Natal dan Tahun Baru (Nataru) dalam Masa Pandemi Covid-19.

"KAI Wisata mematuhi seluruh aturan protokol kesehatan yang ditetapkan oleh pemerintah dalam rangka mencegah penyebaran Covid-19 melalui moda transportasi kereta api, khususnya Kereta Wisata", ujar Direktur Operasi Kawisata, Raden Agus Dwinanto Budiadji.

Menurutnya, seluruh calon penumpang wajib menerapkan dan mematuhi protokol kesehatan seperti memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak selama perjalanan.

"Pelanggan Kawisata jarak jauh wajib menunjukkan hasil negatif Rapid Test Antigen yang berlaku paling lambat tiga hari sebelum tanggal keberangkatan. Tapi syarat ini dak berlaku bagi pelanggan yang berusia di bawah 12 tahun," jelasnya.

Selanjutnya, para penumpang harus dalam kondisi sehat, tidak menderita flu, pilek, batuk, dan demam. Mereka juga wajib memakai masker dan memiliki suhu kurang dari 37,3 derajat celcius.

Sepanjang perjalanan, para pelanggan wajib menggunakan face shield dan diimbau menggunakan pakaian lengan panjang.

Humas Kawisata Ilud Siregar menambahkan, mulai 21 Desember, KAI menyediakan layanan Rapid Test Antigen di stasiun dengan harga Rp 105.000. 

“Untuk tahap awal, layanan tes rapid antigen tersedia di Stasiun Gambir, Pasar Senen, Kiaracondong, Cirebon Prujakan, Tegal, Semarang Tawang, Yogyakarta, Surabaya Gubeng, dan Surabaya Pasar Turi,” ujarnya.

Calon penumpang kereta yang hendak melakukan Rapid Test Antigen di stasiun diimbau untuk melakukannya sehari sebelum keberangkatan. 

Sebab, proses pelayanan Rapid Test Antigen lebih lama dibanding tes rapid antibodi. Dengan begitu, para penumpang dapat menghindari keterlambatan.

“Kami juga mengingatkan kepada para pelanggan Kereta Wisata agar selalu disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan untuk menjadikan Kereta Api sebagai moda transportasi yang aman, nyaman, selamat, dan sehat sampai di tujuan,” tandasnya.

Tribun Jatim Wiki / Luthfi Husnika

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved