Kuliner Jawa Timur

Kakak-Adik Asal Surabaya Ini Sukses Kembangkan Bisnis Kuliner Nasi Empal Rumahan Jadi ala Restoran

Kakak-Adik Asal Surabaya sukses kembangkan bisnis kuliner nasi empal rumahan jadi ala restoran.

SURYA/AHMAD ZAIMUL HAQ
Weby Resto di kawasan Citraland yang menyajikan masakan khas Indonesia dengan menu andalan Nasi Empal Weby. 

TRIBUNJATIMWIKI.COM, SURABAYA - Chris Albion (27) dan Febrina Albionita (21), kakak beradik asal Kota Surabaya kompak mengembangkan bisnis kuliner nasi empal rumahan jadi ala restoran.

Mereka mengembangkan kuliner nasi empal dari resep kuliner turun temurun. Mulanya berjualan di rumah hingga kini menjadi restoran yang dikenal dengan Weby Surabaya.

"Nasi empal ini adalah kuliner turun temurun dari ibu. Dulu awal mula jualannya hanya di garasi depan rumah. Pertama berjualan pada tahun 1997," kata Chris Albion saat ditemui di Weby Surabaya, Selasa (12/1/2021).

Owner Weby Surabaya ini menjelaskan, bisnis kuliner nasi empal milik ibunya, Bu Yudy, yang mulanya hanya berjualan di garasi rumah mulai berkembang sejak membuka kedai di ruko kawasan Kapas Krampung Surabaya.

"Pertama buka kedai di ruko Surabaya Timur tahun 1998. Tapi sebelumnya sempat tutup karena ada masalah. Sejak buka di ruko itu ternyata banyak yang suka menu kami," kata Chris.

Chris yang juga sebagai Food and Beverage Consultant ini mengaku, ia dan sang adik mulai berpikir mengembangkan kuliner turun temurun tersebut untuk dikas secara modern.

"Karena lihat antusias pembeli dan banyak langganan juga terutama di daerah barat sini, kami buka restoran Weby Surabaya di Citraland. Supaya pelanggan tidak perlu jauh datang ke Kapas Krampung," jelasnya.

Laki-laki kelahiran Surabaya 28 Mei 1993 ini mengatakan, menu spesial yang mereka usung di Weby Surabaya merupakan menu tradisional khas Jawa Timur. Baik makanan maupun minuman.

"Yang paling spesial dan terfavorit nasi empalnya. Nama Weby sendiri merupakan singkatan dari Warung Empal Bu Yudy. Tapi empal ini kami beri inovasi supaya lebih menarik," Chris memaparkan.

Sejalan dengan Chris, Febrina Albionita yang juga pemilik Weby Surabaya mengatakan, ia berusaha mengemas kuliner nasi empal tradisional menjadi lebih modern.

Terlihat dari plating, sajian nasi empal Weby ini disusun menyerupai tumpeng mini. Di mana, nasi dibuat berbentuk segitiga layaknya tumpeng dengan lauk dan sayur yang mengitarinya.

"Plating kami sajikan lebih modern dengan konsep mini tumpeng. Kami juga berikan variasi menu tambahan seperti sayur asin dalam satu porsi nasi empal Weby," jelas Febrina.

Sayur asin ini menurut Febrina sekaligus menjadi pembeda nasi empal Weby dengan lainnya.

"Sayur asin ini spesial karena inovasi kami. Mungkin tak lazim ya empal dengan sayur asin. Tapi ternyata cocok dan enak," ujarnya.

Tak cuma nasi empal, Weby Surabaya juga menyajikan berbagai kuliner khas Jawa Timur dan minumannya mulai dari es kopyor, es kacang hijau, jus hingga wedang tradisional.

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved