Kuliner Jawa Timur

Incip Nasi Empal Weby Signature Menu dari Weby Surabaya yang Empuk dan Lezat

Nasi Empal Weby khas restoran Weby Surabaya yang menyajikan cita rasa gurih, manis dan pedas jadi satu.

SURYA/AHMAD ZAIMUL HAQ
Berbagai macam kuliner di Weby Surabaya 

TRIBUNJATIMWIKI.COM, SURABAYA - Mencicipi masakan tradisional Jawa Timur dengan sentuhan modern di Restoran Weby Surabaya di Citraland.

Restoran yang menyajikan kuliner khas Jawa Timur ini memiliki menu spesial yakni Nasi Empal Weby. Selain itu, menu tradisional lain seperti pecel, sup, dan penyetan juga disajikan.

Terkait menu Nasi Empal Weby, Owner Weby Surabaya Chris Albion mengaku resepnya diturunkan secara turun temurun.

Weby Resto di kawasan Citraland yang menyajikan masakan khas Indonesia dengan menu andalan Nasi Empal Weby.
Weby Resto di kawasan Citraland yang menyajikan masakan khas Indonesia dengan menu andalan Nasi Empal Weby. (SURYA/AHMAD ZAIMUL HAQ)

"Nasi Empal Weby ini resepnya turun temurun dari ibu kami. Pertama berjualan nasi empal pada 1997 lalu. Tapi masih di garasi rumah," tutur Chris Albion saat ditemui di resto kawasan Citraland.

Chris Albion menambahkan, Nasi Empal Weby ini istimewa dari sisi daging empal yang digunakan oleh mereka.

Berbeda dengan daging empal di tempat lain yang cenderung sulit dimakan terutama untuk lansia, Chris Albion mengklaim daging empal di restorannya lebih empuk dan mudah dikonsumsi semua usia.

"Tekstur yang empuk ini karena kami memilih kualitas yang benar-benar oke. Selain itu juga ada proses yang spesial dari kami. Memasaknya butuh berjam-jam, namun nutrisi dari empalnya tidak bilang," Chris Albion memaparkan.

Selain itu, Spesialis sajian Nusantara ini mengemas menunya agar semakin menarik dan berbeda.

"Salah satunya seperti olahan sayur asin. Biasanya, sayur asin kan rasanya asin. Nah ini kamu buat manis," ungkap Chris Albion.

Inovasi rasa ini tidak lepas dari risetnya tentang masyarakat Jawa Timur yang suka rasa manis.

Saat disantap, sayur yang segar dan renyah berpadu dengan cita rasa rempah khas bumbu rahasia khas Weby.

"Bumbu rempahnya ada kapulaga, jahe, dan sebagainya. Jadi ada rasa rempah-rempahnya. Bumbu-bumbu tadi kami haluskan," kata Chris Albion

Semakin nikmat, sayur asin dengan cita rasa manis ini disantap dengan daging empal.

Empal memang menjadi salah satu signature di tempat makan yang berlokasi di kawasan Kapas Krampung dan Citraland Surabaya.

"Ini merupakan resep keluarga turun temurun dari 1997. Kemudian kami kembangkan sampai sekarang. Bagiamana bisa mengemas makanan tradisional yang basic agar diterima terus," katanya.

Dalam sepiring nasi empal, selain ada sayur asin dan daging empal, juga ada serundeng, oseng buncis, orek tempe, dan sambal.

"Ini menjadi salah satu menu yang favorit. Menu lainnya yang juga digemari ada sop buntut. Bedanya, Sop buntut di sini bening dan tidak terlalu banyak minyak. Isinya benar-benar buntut, tidak ada campuran iga," ungkap Febrina Albiobita yang juga owner Weby Surabaya

Suka sum-sum? Di sini juga ada. Menariknya, bahan ini diolah menjadi telur dadar yang gurih. Para costumer pun dirasa memberikan respon yang positif.

"Soalnya sum-sum kan memang banyak disuka. Biasanya bakso kalau pakai sum-sum jadinya kelihatan mewah. Tapi kalau di sini menyediakan menu bakso sepertinya kurang cocok, akhirnya dicoba ke telur. Ternyata tidak kalah enak," urai Febrina.

Menu-menu lain yang tidak kalah menarik di antaranya yakni nasi campur, iga penyet, bandeng resto, dan masih banyak lagi.

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved