Informasi Kesehatan

Kenali Berbagai Penyebab Sulit Hamil Termasuk pada Pasangan yang Baru Menikah

Kenali berbagai penyebab sulit hamil termasuk pada pasangan yang baru menikah.

ISTIMEWA
Dokter Dr Amang Surya Priyanto, Klinisi Morula IVF Surabaya 

TRIBUNJATIMWIKI.COM, SURABAYA - Memiliki momongan adalah dambaan setiap pasangan. Sebab, keluarga rasanya tak lengkap tanpa kehadiran buah hati.

Namun, masih banyak pasangan yang belum dikaruniai momongan meski usia pernikahan sudah lama.

Berikut adalah beberapa penyebab sulit hamil menurut Dr Amang Surya Priyanto, SpOG, Klinisi Morula IVF Surabaya.

1. Usia

Dokter Amang Surya mengatakan, usia pasangan suami istri berpengaruh dalam keberhasilan kehamilan.

Menurutnya, pasangan muda akan memiliki kesempatan hamil alami lebih besar dibandingkan pasangan yang usianya sudah di atas 30 tahun.

"Perempuan usia 35 tahun ke atas dan laki-laki usia 40 ke atas memiliki kesempatan hamil alami lebih kecil. Sebab, semakin bertambah usia perempuan akan menurunkan kualitas sel telur. Begitu juga kualitas sperma pada laki-laki," jelas Dokter Amang Surya.

2. Gangguan Ovulasi 

Dokter Amang Surya mengatakan, gangguan ovulasi sering terjadi dalam kasus sulit hamil bagi wanita.

"Wanita setiap bulan akan melepaskan sel telur atau ovulasi. Pada kondisi normal, ovulasi ini akan terjadi secara teratur. Ovulasi yang tidak teratur bisa mempengaruhi kesuburan," kata Dokter Amang.

Menurut Dokter Amang, tidak semua wanita memiliki siklus ovulasi yang teratur. Artinya, tidak setiap bulan wanita tersebut memiliki sel telur matang yang siap dibuahi.

3. Kondisi Endometriosis

Selain permasalahan kesuburan pada wanita, kondisi di dalam rahim juga mempengaruhi kelancaran proses hamil.

"Apabila kondisi jaringan yang melapisi rahim atau endometrium tumbuh di luar rahim, 50 persen penderitanya kesulitan hamil. Kondisi ini disebut juga sebagai Endometriosis," Dokter Amang Surya memaparkan.

4. Bentuk Rahim yang Tak Normal

Selain jaringan rahim endometrium, bentuk rahim sendiri juga bisa mempengaruhi kehamilan. Sebab, rahim adalah tempat tumbuh dan berkembang janin. Oleh karena itu, kondisi rahim harus benar-benar baik.

"Bentuk rahim yang tidak normal akan mempersulit sel telur yang sudah dibuahi untuk menempel. Kalau sel telur tidak nempel tidak bisa berkembang menjadi janin seperti pada umumnya," ujarnya.

5. Tersumbatnya Tuba Falopi

Kondisi lain yang menyebabkan subfertilitas atau kesulitan hamil secara alami adalah tuba falopi tersumbat.

"Saat ovulasi, sel telur akan menuju rahim melalui tuba falopi untuk nantinya bisa dibuahi. Kalau salurannya tersumbat, sel telur tidak bisa mencapai saluran ini dan tidak bisa bertemu sel sperma. Oleh karena itu hamil jadi tidak mungkin tanpa bantuan medis," kata Dokter Amang Surya

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved