Informasi Jawa Timur Terbaru

Berkunjung ke Taman Nasional Baluran Wisatawan Wajib Tunjukkan Hasil Rapid Test Antigen Negatif

Taman Nasional Baluran wajibkan para wisatawan yang datang berkunjung untuk menunjukkan hasil Rapid Test Antigen.

ISTIMEWA
Taman Nasional Baluran 

TRIBUNJATIMWIKI.COM, SURABAYA - Ingin berkunjung ke Taman Nasional Baluran di tengah pandemi? Maka kalian harus mengetahui syarat terbarunya.

Kini, Taman Nasional Baluran menerapkan beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh wisatawan jika ingin berkunjung.

Salah satunya menunjukkan hasil Rapid Test Antigen negatif. Syarat ini berlaku sejak Selasa (26/1/2021) lalu.

Dilansir dari akun Instagram @tamannasional_baluran yang diunggah pada Selasa (19/1/2021), wisatawan dari luar Jawa Timur (Jatim) wajib menunjukkan KTP dan hasil negatif Rapid Test Antigen yang berlaku tiga hari.

“Pengunjung yang berasal dari dalam Provinsi Jawa Timur wajib menunjukkan KTP dan surat keterangan sehat/dokter (masa berlaku 3 hari),” tulisnya.

Aturan tersebut dikeluarkan melalui Surat Edaran Nomor SE.99/T.37/TU/KSA.1/1/2021 tentang Persyaratan Kunjungan Wisata Pada Obyek dan Daya Tarik Wisata Alam TN Baluran.

Bagi wisatawan mancanegara (wisman) baik dari luar atau dalam Jatim wajib membawa paspor dan hasil swab PCR yang berlaku tiga hari jika ingin mengunjungi tempat wisata tersebut.

Humas TN Baluran Joko Mulyo, akrab disapa Jomy, mengatakan perubahan aturan tersebut melihat kondisi penyebaran Covid-19. “Penyebaran Covid di Situbondo sudah turun dari merah ke oranye, khususnya di wilayah sekitar Taman Nasional Baluran,” ujarnya.

Pertimbangan lain akan perubahan syarat kunjungan juga berdasarkan keadaan seluruh petugas tempat wisata yang fit dan negatif Covid-19. Adanya aturan wajib Rapid Test Antigen pun menyebabkan animo pengunjung yang turun drastis.

Rata-rata kunjungan harian selama dua pekan belakangan hanya sekitar 82 orang per hari. Bahkan ada yang hanya 18 orang per hari. Dampak ekonomi bagi pedagang atau warung di Baluran langsung terpuruk.

Tidak hanya itu, sebagian besar wisatawan dari luar Jatim juga menyatakan keberatan akan syarat rapid test antigen

Sebelumnya, wisatawan dari luar Jatim wajib membawa hasil negatif rapid test antigen sementara dari dalam Jatim hanya rapid test antibodi, dan wisman membawa hasil swab PCR.

TN Baluran terletak di Jalan Raya Situbondo Banyuwangi KM 35, Kabupaten Situbondo, Jatim. Jam bukanya adalah setiap hari mulai pukul 07:30-16:00 WIB.

Harga tiket masuknya adalah Rp 16.000 per wisnus pada hari biasa, dan Rp 18.500 pada hari libur. Biaya parkirnya adalah Rp 5.000 untuk kendaraan roda dua, Rp 10.000 untuk roda empat, dan Rp 50.000 untuk roda enam.

Sementara harga tiket untuk wisman pada hari biasa adalah Rp 165.000 dan Rp 240.000 pada hari libur. Biaya parkirnya sama.

Sebelum berkunjung, pastikan reservasi secara daring terlebih dahulu melalui https://bit.ly/FormKunjunganTNBaluran karena TN Baluran membatasi kunjungan 950 orang per hari. Pada masa pandemi seperti saat ini, pastikan saat berkunjung tetap melakukan protokol kesehatan pencegahan Covid-19, yaitu dengan mengenakan masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, serta tidak bepergian jika demam atau suhu tubuh di atas 37,3 derajat Celsius. 

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved