Informasi Jawa Timur Terbaru

Olahraga Floorball untuk Latih Motorik dan Menjaga Kebugaran Tubuh

Floorball atau bola lantai merupakan cabang olahraga yang banyak digemari di luar negeri.

SURYA/HABIBUR ROHMAN
Floorball Competition di Lenmarc Mall Surabaya 

TRIBUNJATIMWIKI.COM, SURABAYA - Floorball atau bola lantai merupakan cabang olahraga yang banyak digemari di luar negeri.

Namun, jenis olahraga ini masih belum banyak dikenal oleh masyarakat Indonesia.

Padahal, floorball yang merupakan olahraga tim ini memiliki banyak manfaat, termasuk dalam kesehatan.

"Floorball banyak digemari sebagai cabang olahraga yang seru di luar negeri. Tapi di Indonesia sendiri masih belum banyak dikenal. Padahal manfaatnya dalam melatih motorik sangat bagus," ujar Feibrianti, Ketua Penyelenggara Floorball Competition, Sabtu (23/1/2021).

Tren floorball sendiri, lanjutnya, baru banyak muncul di Indonesia pada tahun 2018. Padahal olahraga bola kaki ini sudah ada sejak tahun 90-an.

"Masuk Indonesia sejak tahun 2000-an tapi baru mulai diminati di 2018," katanya pada TribunJatim Wiki

Ditemui di Lenmarc Mall Surabaya, perempuan yang akrab disapa Fei ini mengaku sangat menggemari olahraga tersebut. 

Oleh karena itu, ia ingin mengedukasi masyarakat terutama anak muda bahwa olahraga ini direkomendasikan karena manfaatnya.

"Selain melatih motorik, olahraga floorball ini juga bisa menjaga kebugaran tubuh. Di masa pandemi seperti saat ini punya tubuh yang bugar dan sehat sangat penting," paparnya.

Fei menuturkan, gelaran Floorball Competition ini diikuti oleh 120 peserta yang tergabung dalam 24 tim. Ada dua kategori yakni under-16 dan kategori senior di atas 16 tahun.

"Karena niatnya ingin memperkenalkan floorball ke masyarakat dan mengisi waktu luang, timnya kami buat 3 lawan 3 saja. Kalau aslinya floorball itu 6 lawan 6. Ini mini floorball," ia menguraikan.

"Satu tim berisi 3 orang putra putri campur. Karena tujuannya untuk have fun juga. Bukan Pertandingan yang benar-benar serius," tambahnya.

Para pemain, kata Fei, diharuskan memakai sepatu khusus olahraga dan deker kaki. Ini sebagai perlengkapan yang wajib dikenakan untuk menghindari cedera.

"Masing-masing peserta akan diberi tongkat hockey sebagai alat bermain. Jadi dua tim akan memperebutkan bola untuk dimasukkan dalam gawang lawan menggunakan tongkat tersebut," jelas Fei.

Fei berharap dengan digelarnya acara ini, floorball bisa lebih dikenal oleh masyarakat luas. "Semoga banyak anak muda yang mengenal dan mau mencoba," ujarnya.

Marketing Communication Lenmarc Mall Surabaya, Kukuk F. Soeharno mengaku tertarik dengan olahraga floorball ini. Menurutnya, olahraga ini mampu melatih ketangkasan para pemain.

"Selain itu, floorball juga bisa meningkatkan ketelitian dan kecermatan para pemain. Perlu teknik khusus supaya bisa memenangkan kompetisi ini. Apalagi digelar di mall jadi makin menarik minat anak muda untuk melihat" pungkasnya.

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved