Tips Budidaya Tanaman Hias, dari Hobi Bisa Jadi Peluang Bisnis Menguntungkan saat Pandemi

Tips budidaya tanaman hias, bisa jadi peluang bisnis menguntungkan selama pandemi.

TRIBUNNEWSWIKI.COM/MELIA.LUTHFI.HUSNIKA
Workshop Plant Propagation dalam acara Love Live Leaf, Seminar, Workshop & Auction yang diselenggarakan oleh Plantsos berkolaborasi dengan Pakuwon Mall Surabaya di Food Society Pakuwon Mall, Sabtu (13/2/2021). 

TRIBUNJATIMWIKI.COM, SURABAYA - Tanaman hias kini tengah naik daun, terutama di masa pandemi Covid-19 yang mengharuskan orang banyak beraktivitas dari rumah.

Merawat tanaman hias dengan berbagai jenis bisa menghilangkan kebosanan sembari menyalurkan hobi. Bahkan, peminat tanaman hias naik mencapai 50-70 persen selama pandemi.

Hal itu disusul kenaikan harga tanaman hias yang juga melejit naik. Oleh karena itu, memelihara tanaman hias selain menjadi hobi bisa juga mendatangkan peluang bisnis yang menguntungkan.

Seperti yang dikatakan oleh dr Timotius Hansen selaku Ketua Acara Workshop Plant Propagation. Dalam workshop yang dilaksanakan serangkaian dengan gelaran Love Live Leaf, Seminar, Workshop & Auction tersebut dr Timotius mengedukasi pentingnya budidaya tanaman hias.

"Selama ini yang kita tahu banyak yang suka tanaman hias. Mereka mengoleksi dengan cara beli satu dan kemudian beli lagi. Padahal ada cara lebih efektif, yakni dengan budidaya sendiri," jelas dr Timotius pada TribunJatim Wiki , Sabtu (13/2/2021).

Ia melanjutkan, acara workshop yang merupakan kerja sama antara Plantsos dan Pakuwon Mall Surabaya ini juga membukakan peluang para kolektor maupun pebisnis tanaman hias.

"Ketimbang mengumpulkan tanaman dengan beli lagi dan beli lagi, bisa lebih menguntungkan dengan budidaya sendiri. Maka dari itu di acara workshop ini kami akan mengajarkan untuk bagaimana menggunting tanaman dan menjadikannya tanaman baru," dr Timotius menjabarkan.

Sebab dengan menggunting tanaman dan membuat tanaman baru akan mempercepat pertumbuhan tanaman hias itu sendiri.

"Misal punya tanaman berjenis monstera, philodendron atau yang lainnya dengan ukuran besar. Nah ini bisa dibudidayakan jadi 3 atau 4 pot lagi. Selain memperbanyak ini akan mempercepat pertumbuhan setiap benih baru," urainya.

Dengan teknik ini, lanjutnya, kolektor maupun penghobi tanaman hias akan cepat menggandakan tanaman mereka tanpa haru membeli baru dengan harga yang mahal.

"Kalau dari segi keuntungan, misal yang memang ingin jadi pebisnis tanaman hias, hal ini akan menguntungkan. Dari 1 tanaman besar jadi ada tambahan 3-4 tanaman tambahan," ujarnya.

Meski terkesan simpel, dalam penerapan teknik pencacahan ini harus memperhatikan beberapa aspek. Termasuk jenis tanaman dan media tanam.

"Setiap tanaman punya cara pencacahan atau teknik menggunting yang berbeda-beda. Setelah itu harus dilihat dulu apakah dia siap tanam atau masih memerlukan pengembangan dulu. Misal kalau akarnya masih sedikit ditanam ke media tanam yang bisa cepat mengembangkan akar," dr Timotius menjelaskan.

Terkait media tanam sendiri dr Timotius memaparkan, tak bisa asal menggunakan tanah biasa. Sebab, komponen dalam tanah yang tidak tepat akan menghambat pertumbuhan tanaman cacahan atau bahkan membuatnya tak bisa tumbuh.

"Lebih tepat pakai media tanam berporos supaya pertumbuhan akar cepat dan tanaman jadi kuat," katanya.

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved