Informasi Kesehatan

Manajemen Stres saat Pandemi Lewat Gerakan Relaksasi Hatha Yoga, Kuncinya Deep Inhale

Manajemen stres terutama di masa pandemi seperti saat ini sangat penting supaya imun tubuh tetap kuat.

TRIBUNNEWSWIKI.COM/MELIA.LUTHFI.HUSNIKA
Latihan hatha yoga untuk manajemen stres selama pandemi yang diselenggarakan oleh Verwood Hotel & Serviced Residence Surabaya, Sabtu (20/2/2020). 

TRIBUNJATIMWIKI.COM, SURABAYA - Melatih manajemen stres terutama di masa pandemi seperti saat ini sangat penting supaya imun tubuh tetap kuat.

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk manajemen stres adalah dengan berlatih gerakan hatha yoga.

Gerakan hatha yoga yang cenderung lembut dan tanpa menggunakan power penuh dapat merelaksasikan tubuh, sehingga menjadi lebih rileks.

Melihat hal tersebut, pihak Verwood Hotel & Serviced Residence Surabaya menginisiasi kegiatan Yoga by the Pool Plus Lunch.

Baca juga: Rutin Yoga Wheel Bisa Perbaiki Postur Tulang Punggung, Cocok Dilakukan di Rumah

Selain berlatih gerakan yoga yang merilekskan tubuh dan pikiran, program ini juga mengajak para peserta untuk konsumsi makanan sehat.

"Kami launching program baru yakni beryoga di pinggir kolam renang. Karena ruangan terbuka merupakan salah satu studio yoga yang baik. Mengingat masa pandemi juga berada di ruang terbuka akan membuat sirkulasi udara lebih baik," ungkap F&B Manager Verwood Sudarsih Dimyati, Sabtu (20/2/2020).

Yoga yang dipimpin oleh trainer profesional tersebut disebut Sudarsih sebagai bentuk kepedulian pihak hotel terhadap para tamu.

Mereka mengajak para tamu untuk ikut serta dalam kegiatan yoga sebagai bentuk olahraga dan menjaga imun tetap kuat.

Baca juga: Fly High Yoga Bisa Melatih Keseimbangan dan Keberanian Berdiri di Atas Tali

"Kebetulan juga yoga yang kami pilih ini untuk manajemen stres. Jadi sangat cocok dilakukan saat pandemi. Setelah yoga peserta juga kami ajak lunch dengan menu sehat," ujarnya.

Di lain pihak, Rima Djamaluddin selaku trainer yoga mengatakan olahraga selama pandemi adalah hal yang krusial. Pasalnya, menjaga tubuh tetap bugar dan berpikir positif bisa meningkatkan imun.

"Yoga ini bisa keduanya. Menjaga kebugaran tanpa harus latihan fisik keras dan bisa jadi latihan manajemen stres. Makanya banyak dokter yang merekomendasikan yoga," jelas Rima.

Rima menambahkan, terkait manajemen stres, hatha yoga adalah latihan yang sangat cocok. Sebab, dalam hatha yoga tidak memerlukan power besar.

"Karena gerakannya lembut hatha yoga ini bisa membantu untum relaksasi. Kunci utamanya di deep inhale. Bahkan, kalau sudah menguasai deep inhale ini akan mudah mengontrol emosi," paparnya.

Hatha yoga ini, lanjut Rima, bisa dilakukan selama 60 menit dengan gerakan yang tak beda jauh dengan yoga pada umumnya. "Dilakukan di ujung kemampuan dan jangan memaksakan. Karena tujuannya untuk relaksasi," pungkasnya.

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved