Mengenal Sosok Habibie Afsyah Penderita Muscular Dystrophy, Andalkan Ingatan dan Kini Jadi Konsultan

Habibie Afsyah penderita muscular dystrophy yang menyebabkan otot tubuhnya menyusut memiliki kesulitan dalam mobilitas sehari-hari.

Instagram/habibieafsyah_
Habibie Afsyah penderita muscular dystrophy yang sukses menjadi konsultan 

TRIBUNJATIMWIKI.COM, SURABAYA - Habibie Afsyah penderita muscular dystrophy yang menyebabkan otot tubuhnya menyusut memiliki kesulitan dalam mobilitas sehari-hari.

Tak hanya itu, muscular dystrophy yang juga membatasi ruang gerak dan kegiatannya memberinya tantangan dalam menjalani kegiatan.

Meski begitu, keterbatasan fisik tak pernah menyurutkan semangatnya untuk terus menjalani hidup.

Bahkan, Habibie Afsyah membuktikan kapabilitas dirinya tak kalah dengan orang lain. Ia kini sukses menjadi konsultan internet marketing.

Baca juga: Kisah Habibie Afsyah, Penderita Muscular Dystrophy yang Kini Sukses Jadi Konsultan Marketing

"Awalnya sangat kesulitan karena mobilitas gerak saya terbatas. Harus dibantu setiap ingin pergi," ujar pria kelahiran 1988 ini.

Demi menemukan passion dan bidang yang cocok, Habibie Afsyah kerap mengikuti seminar dan pembelajaran di bidang komputer. Ia sempat mencoba bidang multimedia yakni desain, namun kesulitan.

"Mencoba Photoshop tapi sulit karena gerakan tangan tidak sinkron. Terus coba bidang lain di internet marketing," ia menjelaskan.

Baca juga: Melatih Anak ABK Lewat Terapi Kreativitas, Seberapa Efektif?

Selama menekuni bidang internet marketing Habibie Afsyah merasakan kecocokan. Melalui internet marketing yang tidak membutuhkan gerak aktif dan bisa dikerjakan di mana saja membuatnya lebih mudah bekerja.

"Setelah beberapa lama mencoba ternyata internet marketing ini bisa menghasilkan uang buat saya. Kemudian desain saya lepas dan menekuni bidang ini. Sampai akhirnya bisa membuat platform sendiri," papar CEO digitalpreneur.co.id ini.

Demi terjun lebih dalam di bidang internet marketing, Habibie Afsyah berkomitmen menambah pengetahuannya dengan mengikuti seminar dan workshop.

Namun, di sini ia menemukan kendala lagi. Setiap kegiatan seminar atau workshop ia tak bisa langsung mempraktikkan materi di tempat karena keterbatasan gerak. Ia lalu menyimpan materi tersebut dalam ingatan.

"Kalau di rumah semua meja dan ruang kerja sudah diatur sedemikian rupa seperti kebutuhan saya. Kalau di luar kan tidak. Jadi tiap workshop seminar gak pernah bisa praktik langsung. Mau gak mau harus diinget semua. Sampai rumah langsung saya praktik," Habibie Afsyah menguraikan.

Hambatan yang berhasil ia taklukkan justru membawa keberuntungan pada Habibie Afsyah. Ia kini menyandang gelar sebagai konsultan internet marketing yang dipercaya untuk memegang kendali digital beberapa produk milik perusahaan.

"Semua ada proses dan waktunya. Menyerah hanya akan membuang waktu. Terus berusaha terus dicoba kuncinya," tandasnya

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved