Rute Terbaru Kereta Api Bangunkarta, Kini Berangkat dari Stasiun Jombang

Kereta Api Bangunkarta merupakan kereta api jarak jauh dengan tujuan akhir Stasiun Pasar Senen, Jakarta.

Penulis: melia luthfi.husnika
Editor: Adrianus Adhi
ISTIMEWA/PT KAI
Kereta Api Bangunkarta merupakan kereta api jarak jauh dengan tujuan akhir Stasiun Pasar Senen, Jakarta. 

TRIBUNJATIMWIKI.COM, JOMBANG - Kereta Api Bangunkarta merupakan kereta api jarak jauh dengan tujuan akhir Stasiun Pasar Senen, Jakarta.

Kereta Api Bangunkarta dulu berangkat dari Stasiun Jombang, namun beberapa waktu terakhir Kereta Api Bangunkarta berangkat dari Stasiun Surabaya Gubeng.

Kini, rute pemberangkatan Kereta Api Bangunkarta dikembalikan seperti sedia kala yakni melalui Stasiun Jombang.

Manager Humas KAI Daop 7 Madiun, Ixfan Hendriwintoko menjelaskan, perubahan jadwal dan rute sejumlah KA tersebut seiring dengan pemberlakuan Grafik Perjalanan Kereta Api (Gapeka) tahun 2021. 

Baca juga: Kereta Api Mutiara Timur Kini Beroperasi sampai Stasiun Yogyakarta

Dimana salah satunya dengan mengembalikan jadwal dan rute KA Bangunkarta dengan keberangkatan awal dari Stasiun Jombang.

Sebelumnya KA Bangunkarta ini berangkat dari Stasiun awal Surabaya Gubeng.

"Hari Minggu (14/3/2021) ini KA Bangunkarta kembali berangkat dari Stasiun Jombang pukul 05.10 WIB menuju Stasiun Pasar Senen Jakarta dan akan diperkirakan tiba pukul 17.22 WIB," kata Ixfan Hendriwintoko dalam rilisnya, Minggu (14/3/2021).

Dijelaskan Ixfan, meski kembali beroperasi namun KA Bangunkarta sementara dijalankan pada waktu-waktu tertentu bila permintaan dari pelanggan meningkat. Bersamaan pemerintah melonggarkan PPKM pada periode ketiga jumlah pelanggan atau penumpang KA mulai mengalami peningkatan.

Baca juga: Pakai Tes GeNose Rp 20 Ribu, Penumpang Kereta Api Tak Perlu Bawa Surat Rapid dan Swab Lagi

"Terlebih pada hari minggu ini terdapat dua hari libur nasional yang berdekatan, yaitu Peringatan Isra’ Mi’raj, Kamis (11/3) dan Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1943, Minggu (14/3)," ujar Ixfan.

Selama periode tanggal 1 – 12 Maret 2021 sendiri, menurut Ixfan, total jumlah penumpang yang naik dan turun di Stasiun Jombang mencapai sekitar 12.190. Bila diambil rata-rata maka setiap harinya ada sekitar 1000 penumpang yang naik dan turun di Stasiun Jombang.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved