Informasi Jawa Timur Terbaru

Menggali Bakat Anak Lewat Ajang Puteri Cilik dan Puteri Remaja Jatim 2021

Menemukan bakat anak supaya bisa memaksimalkan potensinya memerlukan peran aktif orangtua dan anak itu sendiri.

TRIBUNNEWSWIKI.COM/MELIA.LUTHFI.HUSNIKA
Pembekalan Grand Final Puteri Cilik dan Puteri Remaja Jawa Timur 2021 yang dikoordinir Next Management sebagai regional director di Mercure Grand Mirama Surabaya, Sabtu (27/3/2021). 

TRIBUNJATIMWIKI.COM, SURABAYA - Menemukan bakat anak supaya bisa memaksimalkan potensinya memerlukan peran aktif orangtua dan anak itu sendiri.

Bakat anak yang ditemukan sejak dini bisa menjadi pintu gerbang kesuksesannya. Hal tersebut dikatakan langsung oleh Iis Hendro Gunawan Ketua Dharmawanita Persatuan Kota Surabaya saat menjadi pembicara di acara pembekalan Puteri Cilik dan Puteri Remaja Jatim 2021.

Menurutnya, menemukan bakat pada anak sebenarnya tidaklah sulit. Namun, masih banyak anak yang belum mengenali bakat mereka.

Pembekalan Grand Final Puteri Cilik dan Puteri Remaja Jawa Timur 2021 yang dikoordinir Next Management sebagai regional director di Mercure Grand Mirama Surabaya, Sabtu (27/3/2021).
Pembekalan Grand Final Puteri Cilik dan Puteri Remaja Jawa Timur 2021 yang dikoordinir Next Management sebagai regional director di Mercure Grand Mirama Surabaya, Sabtu (27/3/2021). (TRIBUNNEWSWIKI.COM/MELIA.LUTHFI.HUSNIKA)

"Bakat adalah potensi yang dimiliki oleh anak dan ketika ia melakukannya merasa enjoy dan bisa produktif atau menghasilkan. Berbeda dengan minat atau keinginan. Namun keduanya saling bersinergi," kata Iis Hendro, Sabtu (27/3/2021).

Baca juga: Model Cilik Berbakat Jebolan Dennis Promotion Management Akan Ikut Main Sinetron

Ia menuturkan, bakat adalah sesuatu yang dilakukan dengan mudah, bisa menikmati ketika melakukannya, hasilnya luar biasa dan produktif.

"Jadi kalau hanya suka terhadap satu bidang tapi dalam melakukannya tidak enjoy atau tidak menghasilkan sesuatu yang produktif belum disebut bakat," katanya.

Pentingnya mengenali bakat sejak dini, ia melanjutkan, bisa membukakan pintu kesuksesan untuk si anak.

Pintu tersebut yang nantinya akan menjadi gerbang perjalanan anak dalam menjalani passion.

"Ajang Puteri Cilik dan Puteri Remaja ini bisa menjadi salah satu wadah anak untuk menemukan bakat mereka sekaligus mengoptimalkannya. Karena di ajang seperti ini pasti ada arahan dan bimbingan untuk membentuk anak menjadi versi terbaiknya," ungkapnya.

Sejalan dengan pernyataan Iis Hendro Gunawan, Derry Dahlan selaku National Director Puteri Cilik Indonesia dan Puteri Remaja Indonesia menuturkan diselenggarakannya ajang Puteri Cilik dan Puteri Remaja ini sebagai langkah mencetak anak bangsa yang unggul.

Baca juga: Cetak Anak Muda Inspiring Lewat Gelaran Puteri Cilik dan Puteri Remaja Jawa Timur

"Unggul di sini berarti memiliki karakter yang baik dari segala sisi. Bukan cuma soal fisik. Tapi bagaimana anak ini memiliki pengaruh yang bisa mengajak seumurannya melakukan gerakan baik," kata Derry Dahlan.

Salah satu tujuannya, lanjut Derry Dahlan untuk menemukan bakat anak sebagai pintu masuk menata masa depan mereka.

"Para peserta ini nantinya akan menjadi ikon atau figur yang bisa menjadi panutan seusianya. Memberikan pengaruh baik sehingga diikuti masyarakat. Karena biasanya, anak atau remaja akan lebih mudah diajak oleh yang sebaya," tuturnya.

Gelaran Puteri Cilik dan Puteri Remaja Jawa Timur yang dikoordinir oleh Next Management sebagai regional director ini berhasil menyaring 46 peserta di mana 28 pesertanya ada di kategori remaja.

Derry Dahlan menjelaskan, ada 4 tolak ukur penilaian utama dalam ajang pencarian bakat tersebut. Di antaranya kecerdasan, kepribadian, beauty dan pengaruh atau influence.

"Kategori beauty yang kami patok bukanlah kecantikan fisik belaka. Tapi bagaimana anak bisa membawa diri mereka dan berpenampilan menarik. Dan yang paling penting poin keempat adalah bagaimana mereka bisa mengajak rekan sesamanya untuk bergerak," pungkasnya.

Dari 46 peserta Puteri Cilik dan Puteri Remaja Jatim ini akan dipilih 2-3 Puteri terbaik untuk mengikuti ajang Puteri Cilik Indonesia dan Puteri Remaja Indonesia.

Proses karantina, pembekalan dan grand final dilaksanakan di Mercure Grand Mirama Surabaya. Grand Final Puteri Cilik dan Puteri Remaja Jatim akan dihelat pada keesokan harinya, Minggu (28/3/2021).

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved