Manfaat Olahraga Body Building untuk Membentuk Massa Otot, Kurangi Lemak hingga Jaga Tulang Tegak

Body building dengan membangun massa otot ternyata memiliki banyak manfaat, salah satunya dalam mengurangi lemak tubuh.

Penulis: melia luthfi.husnika
Editor: Adrianus Adhi
TRIBUNNEWSWIKI.COM/MELIA.LUTHFI.HUSNIKA
Para peserta Urban Newtown Fitness Championship Indonesia Open Bodyfitness 2021 yang diselenggarakan di Lenmarc Mall Surabaya, Minggu (28/3/2020). 

TRIBUNJATIMWIKI.COM, SURABAYA - Body building dengan membangun massa otot ternyata memiliki banyak manfaat, salah satunya dalam mengurangi lemak tubuh.

Hal tersebut disampaikan oleh Verawaty Budiyanto CEO Urban Athletes sekaligus penyelenggara body contest Urban Newtown Fitness Championship di Lenmarc Mall Surabaya.

Menurut Verawaty, memiliki massa otot selain sebagai estetika juga bisa bermanfaat untuk kesehatan.

Baca juga: Olahraga Golf Naik Daun di Kalangan Milenial, Driving Range Makin Diminati

"Otot adalah mesin pembakar lemak. Kalau ototnya banyak, otomatis lemak akan sedikit. Lemak berlebihan ini kan bisa jadi sumber penyakit," kata Verawaty ditemui di sela acara, Minggu (28/3/2021).

Ia melanjutkan, berbeda dengan olahraga seperti kardio, durasi pembakaran lemak pada olahraga pembentukan massa otot lebih lama. Olahraga kardio biasanya akan membakar lemak saat olahraga dilakukan.

"Namun, untuk olahraga pembentukan massa otot seperti angkat beban durasi pembakaran mencapai 72 jam atau 3 hari," ujarnya.

Verawaty menjelaskan, pada pria, olahraga body building bisa menambah nilai estetika. Banyak pria yang suka jika tubuh mereka terbentuk dengan baik. Hal itu bisa dilihat dari otot-otot.

Selain itu, memiliki tubuh berotot bisa menjadi nilai tambah bagi pria. Banyak kontes body builder seperti binaraga yang mengharuskan pria memiliki tubuh kekar.

Baca juga: Olahraga Golf Antara Hobi dan Bisnis, Bisa Jadi Investasi Olahraga Masa Depan

Tak hanya pada pria, ternyata memiliki massa otot dengan olahraga body building juga bermanfaat.

"Wanita yang memasuki masa menopause akan mengalami pengeroposan tulang. Nah otot di sini berfungsi sebagai pembungkus tulang. Jadi saat tulang mulai melemah, otot bisa membungkus tulang supaya tetap tegak," paparnya.

Dalam menekuni olahraga pembentukan massa otot, pola makan dan gaya hidup juga harus diperhatikan.

"Harus diet tidak bisa sembarang makan. Harus diperhatikan konsumsi air, gula dan garam. Kebanyakan makan buah dan suplemen karena memang yang punya manfaat dalam membentuk massa otot," pungkasnya.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved