Busana Batik Kombinasi Kain Kasur hingga Koleksi Raya yang Meriah Warnai Men Fashion Style 2021

Para pengrajin kain tradisional batik dari Tegal menghadirkan koleksi khusus dalam gelaran Men Fashion Style 2021.

Penulis: melia luthfi.husnika
Editor: Adrianus Adhi
TRIBUNNEWSWIKI.COM/MELIA.LUTHFI.HUSNIKA
Fashion show para desainer dalam gelaran Men Fashion Style 2021 yang diselenggarakan oleh Next Management di Ciputra World Surabaya Mall, Jumat (2/4/2021). 

TRIBUNJATIMWIKI.COM, SURABAYA - Memakai busana tradisional seperti batik mungkin sudah biasa. Namun bagaimana dengan busana batik yang dikombinasikan dengan kain kasur?

Para pengrajin kain tradisional batik dari Tegal menghadirkan koleksi khusus dalam gelaran Men Fashion Style 2021.Koleksi tersebut merupakan busana hasil kombinasi batik dengan kain kasur

Ditemui setelah show, Nano, koordinator pengrajin Tegal mengatakan pihaknya sengaja mengusung konsep busana yang berbeda.

"Kalau kain batik saja mungkin sudah biasa. Tapi kalau kombinasi dengan kain kasur pasti masih jarang. Bahkan belum ada. Maka dari itu kami hadirkan khusus untuk acara ini," kata Nano ditemui di Atrium Ciputra World Surabaya Mall, Jumat (2/4/2021) malam.

Busana kombinasi batik Tegalan dengan lempong atau kain kasur karya para pengrajin batik Tegal dalam gelaran Men Fashion Show 2021.
Busana kombinasi batik Tegalan dengan lempong atau kain kasur karya para pengrajin batik Tegal dalam gelaran Men Fashion Style 2021. (TRIBUNNEWSWIKI.COM/MELIA.LUTHFI.HUSNIKA)

Nano menuturkan, selama pandemi banyak pengrajin yang kesulitan mendapatkan penghasilan. Bahkan, banyak yang beralih profesi.

"Supaya pengrajin ini bisa tetap mendapatkan penghasilan kami coba inovasi dan ikut gelaran semacam ini. Meskipun jauh," ujar Nano.

Terkait busana, Nano membawakan tujuh koleksi yang terdiri dari dua koleksi one set dan lima lainnya atasan.

"Busana kombinasi batik Tegalan dan lempong (kain kasur) ini bisa dipadupadankan dengan busana ready to wear sehari-hari. Bisa pakai bawahan jeans juga supaya terlihat lebih casual," ujar Nano.

Busana karya Lalake by Mucha yang dihadirkan dalam Men Fashion Show 2021 di Ciputra World Surabaya Mall.
Busana karya Lalake by Mucha yang dihadirkan dalam Men Fashion Style 2021 di Ciputra World Surabaya Mall. (TRIBUNNEWSWIKI.COM/MELIA.LUTHFI.HUSNIKA)

Berbeda dari para pengrajin Tegal, koleksi busana yang dibawakan desainer lain yakni Lalake by Mucha menghadirkan Raya Series.

Busana yang didominasi dengan kain songket dan tenun ini didesain secara lebih modern. Sehingga tetap cocok dikenakan oleh anak muda.

"Meski kain tradisional tapi konsep busana kami buat modern. Sekaligus kami ingin mengenalkan kalau kain tradisional tidak selalu untuk acara formal," kata desainer Lalake by Mucha.

Ia membawa 18 koleksi Raya Series yang disebut membawa nuansa bahagia dan meriah.

"Raya identik dengan sesuatu yang membahagiakan sesuatu yang meriah. Di koleksi ini saya ingin menghadirkan nuansa tersebut dalam busana khusus ini," ujarnya.

Selain kedua koleksi tersebut, Men Fashion Style 2021 juga menghadirkan koleksi busana dari 35 desainer nasional. Masing-masing desainer membawakan 6-12 koleksi.

Dalam Men Fashion Style 2021 kali ini juga mengajak pelaku UMKM binaan Pemerintah Kota Surabaya untuk unjuk hasil busana rancangannya.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved