Kuliner

Mie Basah Spesial, Kuliner Khas Aceh yang Diadaptasi Jadi Masakan Favorit ala Surabaya

Mie Basah Spesial, Kuliner Khas Aceh yang Diadaptasi Jadi Masakan Favorit ala Surabaya

TRIBUNNEWSWIKI.COM/MELIA.LUTHFI.HUSNIKA
Mie basah spesial khas Cita Rasa Atjeh (CRA( 

TRIBUNJATIMWIKI.COM, SURABAYA - Pecinta kuliner mie pasti asing dengan istilah mie basah bukan? Masakan yang diadaptasi dari kuliner khas Aceh ini memang disajikan berbeda di Restoran Cia Rasa Atjeh atau CRA Surabaya.

Restoran yang terletak di Jalan Ahmad Yani Margorejo Kota Surabaya ini menyajikan ragam kuliner khas Aceh yang rasanya masih otentik.

Selain karena kedua owner merupakan warga asli Aceh yang merantau, CRA Surabaya sengaja dibuat seotentik mungkin untuk memenuhi keinginan pecinta masakan Aceh di Surabaya.

Menikmati menu spesial Aceh di Cita Rasa Atjeh (CRA) di Jalan Ahmad Yani Margorejo Surabaya
Menikmati menu spesial Aceh di Cita Rasa Atjeh (CRA) di Jalan Ahmad Yani Margorejo Surabaya (TRIBUNNEWSWIKI.COM/MELIA.LUTHFI.HUSNIKA)

Baca juga: Menikmati Kudapan Ayam Tangkap Khas Aceh, Disajikan dengan Rempah Spesial dan Daun Kari

Salah satu menu spesial CRA Surabaya adalah mie basah spesial. Olahan mie dengan berbagai toping dan diperkaya rempah khas ini memang menggugah selera.

Ditemui di Restoran Cita Rasa Atjeh, Maya Sari Irela selaku owner mengatakan mie basah spesial ini adalah menu terfavorit di sana.

"Paling banyak diminta itu mie basah spesial. Kalau di Aceh mungkin lebih berkuah tapi di sini kita sesuaikan dengan lidah warga Surabaya yang sukanya tidak terlalu berkuah. Jadilah mie basah ini," ungkap Maya Sari.

Perempuan yang juga seorang desainer ini memulai usaha restoran dengan sang kakak. Mereka fokus menggeluti bidang kuliner khas Aceh.

Berbicara soal mie basah, Cita Rasa Atjeh menyediakan berbagai varian toping yang bisa dipilih.

"Mia basah ada beberapa pilihan seperti yang original kalau komplit ada daging, cumi, dan udang. Lengkap dengan kerupuk empingnya," tutur Maya Sari Irela pada TribunJatim Wiki

Baca juga: Incip Kudapan Sate Matang Khas Aceh, Berpadu Kuah Soto dan Kaya Rempah

Cita rasa yang dihasilkan dari masakan ini cenderung gurih dan kaya rempah. Itu karena dalam proses pengolahannya, mie basah spesial diberi rempah yang melimpah.

"Kami gunakan beberapa komponen rempah tradisional seperti kayu manis, kapulaga, bunga bawang, biji ketapang, almond dan lain sebagainya. Tujuannya supaya rasa yang dihasilkan bisa kental," paparnya.

Selain menyajikan dalam kondisi matang, CRA juga menyediakan mie basah frozen bagi yang ingin membawanya ke luar kota.

Dalam satu bungkus mie basah frozen terdiri dari mie, bumbu, minyak sayur dan kerupuk emping.

Kuliner mie basah spesial ini semakin lengkap jika dinikmati bersama es timun serut khas Aceh.

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved