Ramadhan 1442 Hijriah

Jaga Kebugaran Tubuh Selama Puasa dengan Olahraga Golf, Bisa Latih Fokus hingga Kelola Emosi

Salah satu olahraga yang bisa jadi pilihan menarik saat berpuasa adalah golf. Berbeda dengan olahraga lari yang membutuhkan aktivitas fisik berat.

Penulis: melia luthfi.husnika
Editor: Adrianus Adhi
SURYA/AHMAD ZAIMUL HAQ
Saat pandemi, banyak kaum muda (millenial) berlatih golf untuk berolahraga. Golf disebut sebagai investasi olahraga masa depan yang dapat mempermudah karir seseorang. 

TRIBUNJATIMWIKI.COM, SURABAYA - Untuk menjaga kebugaran tubuh selama puasa biasa dilakukan dengan olahraga. Namun, pemilihan jenis olahraga harus diperhatikan.

Pasalnya, olahraga yang terlalu banyak menguras aktivitas fisik justru akan melelahkan dan membuat tubuh kekurangan cairan.

Salah satu olahraga yang bisa jadi pilihan menarik saat berpuasa adalah golf. Berbeda dengan olahraga lari yang membutuhkan aktivitas fisik berat, golf tergolong lebih ringan.

"Meski begitu olahraga golf bisa menjaga kebugaran tubuh, terutama saat puasa," ujar Khristina Senior Sales and Marketing Bukit Darmo Golf Surabaya pada TribunJatim, Jumat (16/4/2021).

Baca juga: Olahraga Golf Naik Daun di Kalangan Milenial, Driving Range Makin Diminati

Perempuan yang akrab disapa Khristin ini menuturkan, golf adalah olahraga dengan banyak manfaat.

Selain menjaga kebugaran tubuh selama puasa, olahraga golf juga bisa memenuhi kebutuhan akan sinar matahari yang sehat.

Tak hanya itu, Khristin mengatakan, bermain golf juga bisa membantu melatih mengelola emosi dan kejujuran.

Golf juga disebutnya bisa melatih konsentrasi. Sebab, para golfer harus fokus untuk bisa memberikan pukulan yang tepat hingga masuk ke lubang atau hole.

"Melatih mengelola emosi dan hawa nafsu di sini artinya golfer harus bisa menentukan strategi. Tidak bisa terburu-buru asal pukul. Biasanya kalau sudah ambisi kan penginnya asal pukul bola. Padahal harus bisa sabar dan menahan dorongan itu," kata Khristin.

Baca juga: Olahraga Golf Antara Hobi dan Bisnis, Bisa Jadi Investasi Olahraga Masa Depan

Menurutnya, jika golfer manajemen emosinya dalam bermain golf sudah baik, itu juga akan berpengaruh dalam keseharian mereka.

Disarankan sebagai olahraga yang baik dilakukan selama menjalankan puasa, pemilihan waktu golf harus diperhatikan.

Khristin menyarankan dua pilihan waktu terbaik untuk bermain golf, yakni saat sunrise pukul 05.00-06.00 WIB dan menjelang matahari terbenam mulai pukul 16.00 WIB.

"Hindari bermain golf saat siang hari. Karena bisa cepat lelah. Kalau mau pagi sekalian habis subuh. Atau lebih enak menjelang berbuka puasa sembari ngabuburit," ia menjelaskan.

Untuk mengakomodir kebutuhan bermain golf selama bulan puasa, pihak Bukit Darmo Golf Surabaya memberikan paket spesial yakni Ramadhan Kareem Sunrise dan Ramadhan Kareem Sunset.

"Buat yang khawatir kelelahan ambil 18 hole bisa coba yang 9 hole dulu. Atau bisa juga yang takut kelelahan kalau turun lapangan bisa bermain di driving range. Jadi tetap berolahraga tapi tidak khawatir kelelahan berjalan jauh di bawah terik," papar Khristin.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved