Gelar Donor Plasma Konvalesen dan Donor Darah, Persos Hwa Ind Targetkan 1000 Pendonor Sehari

Kebutuhan akan darah dan plasma konvalesen meningkat seiring berkembangnya pandemi Covid-19 gelombang kedua.

TRIBUNNEWSWIKI.COM/MELIA.LUTHFI.HUSNIKA
Gelar Donor Plasma Konvalesen dan Donor Darah, Persos Hwa Ind Targetkan 1000 Pendonor Sehari 

TRIBUNJATIMWIKI.COM, SURABAYA - Kebutuhan akan darah dan plasma konvalesen meningkat seiring berkembangnya pandemi Covid-19 gelombang kedua.

Persediaan plasma konvalesen dan darah semakin menipis, berbanding terbalik dengan permintaan yang semakin tinggi.

Untuk itu, Perkumpulan Sosial (Persos) Hwa Ind bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) menggelar Donor Plasma Konvalesen dan Donor Darah di Grand City Mall Surabaya, Minggu (11/7/2021).

Ditemui di sela acara donor, Merry Tanhart Ketua Umum Persos Hwa Ind mengatakan, pihaknya menargetkan 1000 pendonor dalam gelaran ini.

"Target kami 1000 pendonor untuk donor darah dan 175 untuk pendonor plasma konvalesen," kata Merry Tanhart.

Menurutnya, ketersediaan plasma konvalesen maupun donor darah yang semakin menipis membuat Persos Hwa Ind harus turut berkontribusi.

Baca juga: Persos Hwa Ind Salurkan 12 Ribu Air Mineral untuk Tempat Isolasi Covid-19 lewat Pemkot Surabaya

"Kemarin kami buka pendaftaran online ada 827 pendonor darah yang sudah daftar. Sedangkan untuk plasma konvalesen sudah ada 62 orang. Tapi hari ini banyak yang datang langsung untuk donor," jelas Merry.

Menurut Merry, agenda donor darah merupakan program rutin Persos Hwa Ind yang dilaksanakan setiap tiga bulan sekali.

"Sempat terkendala pandemi di tahun lalu, jadi berhenti sebentar. Mulai akhir tahun kami sudah mulai rutin lagi," kata Merry.

Terkait pelaksanaan donor darah dan plasma konvalesen, Kabag Humas PMI Dr Martono mengatakan mengondisikan sesuai protokol kesehatan.

Selain wajib mengenakan masker, jarak antar pendonor diatur supaya tidak berdekatan.

"Dalam situasi pandemi seperti sekarang, kami selalu mengutamakan protokol kesehatan baik dari panitia maupun peserta donor. Termasuk menyiapkan masker untuk berjaga-jaga seandainya ada peserta yang maskernya kurang memadai," jelasnya.

"Kegiatan ini melibatkan PMI dari beberapa kota di Jawa Timur, seperti PMI Surabaya, PMI Gresik, PMI Sidoarjo, PMI Lamongan dan Jombang," imbuhnya.

Baca juga: Persos Hwa Ind, Grand City Mall dan RS di Surabaya Salurkan Bantuan pada Warga Terdampak Covid

Masih kata Dr Sunartono, ketersediaan darah di PMI Kota Surabaya sangat menipis. Banyaknya kebutuhan darah berbanding terbalik dengan ketersediaan yang hanya beberapa.

Bahkan, Sunartono mengaku untuk ketersediaan plasma konvalesen di PMI jumlahnya nol. Artinya, persediaan tidak ada sama sekali sampai ada pendonor baru.

"Itupun kita PMI tidak bisa menjadikan stok. Setiap ada pendonor langsung kami salurkan. Karena antrean plasma konvalesen saat ini mencapai 600 orang," papar Sumartono.

Salah satu pendonor Chairul Anam mengaku menunggu program donor konvalesen. Ia yang sempat terpapar Covid-19 merasa perlu berkontribusi membantu kesembuhan penyintas Covid yang lain.

"Harapannya bisa lolos skrining donor plasma supaya bisa mendonorkan plasma konvalesen. Hari ini ambil sampel saja, kalau hasilnya baik nanti dihubungi pihak PMI untuk diambil plasmanya," kata Anam.

Terkait persyaratan donor plasma sendiri, pendonor harus memenuhi beberapa persyaratan. Di antaranya, pernah terkonfirmasi Covid-19 dan sudah sembuh dibuktikan dengan hasil swab, tidak ada gejala 14 hari terakhir setelah sembuh, dan beberapa kebijakan lain.

Pendonor akan diambil sampel darah untuk diuji kelayakan. Apabila lolos, nantinya pihak PMI akan menghubungi untuk pengambilan plasma konvalesen.

Untuk para pendonor, Persos Hwa Ind juga membagikan paket sembako, masker, vitamin hingga jaket.

Selain melakukan kegiatan donor darah, Persos Hwa Ind juga membagikan sembako kepada masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19 dan korban gempa di Malang Selatan.

Persos Hwa Ind juga memberikan beasiswa kepada beberapa anak-anak berprestasi yang orang tuanya kehilangan pekerjaan selama pandemi.

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved