Berikut Sederet Manfaat Air Kelapa Muda yang Dipercaya Bisa Meningkatkan Imunitas Tubuh

Berikut manfaat air kelapa muda yang dipercaya bisa meningkatkan imunitas tubuh saat pandemi.

ISTIMEWA
Manfaat air kelapa muda untuk meningkatkan imunitas tubuh 

TRIBUNJATIMWIKI.COM, SURABAYA - Beberapa waktu belakangan, air kelapa muda banyak dicari masyarakat untuk meningkatkan imunitas tubuh.

Air kelapa yang dipercaya mempunyai banyak manfaat ini sempat langka dipasaran karena peminatnya mendadak naik berkali lipat.

Bahkan, ada beberapa kalangan yang percaya bahwa sir kelapa muda bisa sembuhkan Covid-19, meski sebenarnya tidak demikian.

Meski demikian, air kelapa muda tetap memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan. Berikut manfaat air kelapa muda menurut ahli gizi.

dr Juwalita Surapsari, M.Gizi, Sp.GK, dokter spesialis gizi klinis, kandungan nutrisi air kelapa disebut bisa meningkatkan imunitas tubuh jika dkonsumsi sesuai kadarnya.

Baca juga: Belum Terbukti Bisa Sembuhkan Covid-19, Ini Kandungan dan Manfaat Air Kelapa Sesungguhnya

Ia menjelaskan, air kelapa mengandung 94 persen air, 5 persen karbohidrat dalam bentuk glukosa dan fruktosa, sekitar 0,02 persen protein, dan sebagian kecil sekali lemak.

"Jika melihat kandungan micronutrient-nya, memang kandungannya sangat menonjol pada air kelapa, terutama Vitamin B, yaitu B1, B2, B3, B5, B6, B7, dan B9. Vitamin B9 sendiri dikenal sebagai Folat," ujar dr Juwalita.

Sedangkan Vitamin B, terutama B6 dan Folat menurutnya memang sangat berperan pada sistem imun secara keseluruhan.

"Kemungkinan besar, orang yang mengonsumsi air kelapa mendapat manfaat dari support vitamin yang ada di dalamnya, jadi konsumsi air kelapa bisa membantu memenuhi kebutuhan Vitamin B mereka. Kebetulan Vitamin B itu memang banyak terlibat dalam seluruh proses enzimatik di dalam tubuh, jadi reaksi kimia di dalam tubuh itu banyak didukung oleh Vitamin B,” papar dr. Juwalita.

Baca juga: Pentingnya Edukasi Soal Kesehatan Reproduksi pada Anak Berkebutuhan Khusus

Selain itu, dr. Juwalita melanjutkan, air kelapa juga memiliki kadar elektrolit yang cukup tinggi, karena mengandung kalium dan magnesium.

Kedua unsur tersebut ini sangat baik untuk mengontrol tekanan darah dan kesehatan jantung. Ini berarti membantu mencegah munculnya penyakit penyerta (komorbid) saat seseorang terpapar Covid-19

“Kemungkinan juga konsumsi air kelapa bisa memberi sugesti positif pada orang yang mengonsumsinya. Semua yang sifatnya sugesti positif terhadap tubuh kita bisa membawa dampak yang baik juga," simpulnya.

"Jadi kunci untuk memperoleh kondisi tubuh yang sehat, baik ketika sedang terkena penyakit tertentu atau sekadar menjaga kesehatan, selain menjaga fisik, juga harus menjaga keseimbangan pikiran. Dengan afirmasi positif bahwa kita akan sembuh dan kita akan sehat, itu juga akan mendukung kita menjadi lebih sehat,” imbuh dr. Juwalita.

Ditanyai soal kebiasaan mengonsumsi air kelapa, dr Juwalita menyatakan hal positif.

Menurut dr Juwalita, kebiasaan baru mengonsumsi air kelapa ini sebenarnya hal positif. Tetapi perlu diingat juga, tidak ada satu jenis makanan pun yang lebih unggul daripada makanan lainnya.

"Dalam arti ketika mengonsumsi makanan dan minuman, kita harus tahu tujuan kita apa, kita mau memenuhi nutrisi mana. Jika kita mau memenuhi kebutuhan Vitamin B, misalnya. Air Kelapa bisa jadi alternatif, tetapi bisa juga mencari alternatif lain," kata dr Juwalita.

Tetapi dr Juwalita menekankan, kebiasaan konsumsi air kelapa ini boleh-boleh saja, asalkan tetap menjaga variasi makanan.

"Karena prinsip nutrisi seimbang adalah kita dapat menjaga variasi makanan kita sehingga seluruh kebutuhan macronutrient dan micronutrient dapat tercapai,” jelas dokter Juwalita.

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved