Perkembangan Ekonomi Kota Kediri Catatkan Pertumbuhan Positif Selama Triwulan Pertama dan Kedua 2021

Sofwan Kurnia Kepala Bank Indonesia Kediri mengatakan, pertumbuhan ekonomi pada triwulan pertama 2021 menunjukkan angka positif. 

TRIBUNNEWSWIKI.COM/MELIA.LUTHFI.HUSNIKA
Acara Talkshow Memperkuat Kota Kediri Sebagai Service City di Tengah Pandemi dalam rangka memperingati HUT Kota Kediri ke-1.142, Senin (26/7/2021). 

TRIBUNJATIMWIKI.COM, SURABAYA - Pandemi membawa dampak besar dalam perekonomian Indonesia, tak terkecuali di wilayah Kediri. 

Berbagai upaya dilakukan pemerintah pusat maupun daerah untuk menyelamatkan perekonomian. 

Meski pandemi Covid-19 masih belum berakhir, Pemerintah Kota Kediri berhasil mengakselerasi pertumbuhan ekonominya pada triwulan pertama dan kedua 2021. 

Sofwan Kurnia Kepala Bank Indonesia Kediri mengatakan, pertumbuhan ekonomi pada triwulan pertama 2021 menunjukkan angka positif. 

Menurutnya, kenaikan pertumbuhan ekonomi Kediri tersebut tak lepas dari pencatatan pertumbuhan ekonomi dunia selama beberapa waktu belakangan. 

Baca juga: Gelar Wedding Fair Online, Calon Pengantin di Kediri Bisa Konsultasi dan Dealing Virtual

"Pertumbuhan ekonomi di Indonesia bergantung pada harga komoditi dunia. Di triwuln pertama 2021 ini beberapa komoditi harganya meningkat. Sehingga, para ekspotir kita meraih untung cukup baik," ujarnya saat menjadi pembicara di acara 'Talkshow Memperkuat Kota Kediri Sebagai Service City di Tengah Pandemi', Senin (26/7/2021). 

Sofwan menerangkan, kenaikan komoditi di pasar dunia tersbut mencatatkan angka positif yang cukup baik. Angka positif tersebut berdampak pada kenaikan pertumbuhan ekonomi hingga ke triwulan kedua. 

"Catatan positif pertumbuhan ekonomi di Kota Kediri semakin membaik hingga ke triwulan dua 2021. Ini juga tak lepas dari peranan Pemerintah Kota Kediri beserta masyarakatnya," jelasnya. 

Selain pengaruh komoditi, lanjut Sofwan, pertumbuhan ekonomi Kota Kediri juga dipengaruhi oleh kinerja bank. 

Meski sempat mengalami penurunan akibat pademi, kinerja bank di triwulan pertama 2021 ternyata mencatatkan pertumbuhan yang progresif. 

Baca juga: Kawasan Simpang Lima Gumul, Penghubung Lima Wilayah Strategis di Kediri

"Perbankan juga terlihat mulai bangkit. Pertumbuhannya positif. Meski pertumbuhan kreditnya belum maksimal, namun catatan yang ada sekarang merupakan berita baik untuk perekonomian," paparnya. 

Peninggkatan pertumbuhan ekonomi yang positif ini menurut Sofwan juga dipengaruhi oleh kebijakan Pemerintah Kota Kediri dan kerja samanya dengan masyarakat. 

Kediri, lanjutnya, sedang dalam tahap proses menjadi Service City dan diakselerasi dengan teknologi digital yang komprehensif. 

"Program Pemkot Kediri terkait Service City ini sangat menunjang fasilitas publik yang nantinya akan meningkatkan respons positif di masyarakat. Sehingga, pertumbuhan ekonomi bisa meningkat lebih cepat," Sofwan menguraikan. 

Ia berharap, melalui kebijakan komprehensif yang dicanangkan oleh pemerintah kota, bisa membawa dampak positif yang berujung pada akselerasi pertumbuhan ekonomi. 

"Ini merupakan optimisme baru di tengah pandemi. Jangan sampai menyerah dengan keadaan. Saya yakin, Pemkot Kediri bisa bersinergi dengan semua pihak," pungkasnya.

Ikuti kami di
KOMENTAR
1146 articles 182 0

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.


Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved