Tingkat Infeksi Covid-19 pada Anak Meningkat, Dokter Imbau Orantua Terapkan Prokes Lebih Ketat

Melihat adanya peningkatan kasus infeksi Covid-19 pada anak-anak yang semakin mengkhawatirkan, orangtua diimbau untuk semakin waspada.

ISTIMEWA
ilustrsi anak-anak 

TRIBUNJATIMWIKI.COM, SURABAYA - Melihat adanya peningkatan kasus infeksi Covid-19 pada anak-anak yang semakin mengkhawatirkan, orangtua diimbau untuk semakin waspada.

Kondisi tersebut sekaligus menjadi refleksi penting di momen Hari Anak Nasib 2021.

Diharapkan, orang tua dapat meningkatkan kewaspadaan terhadap varian Delta yang berpotensi menyebabkan angka kasus positif Covid-19 pada anak meningkat.

dr Muliaman Mansyur, Head of Medical KALBE Nutritionals mengingatkan setiap orang tua untuk terus menjalankan penerapan protokol kesehatan dan langkah-langkah pencegahan lainnya, agar semua anggota keluarga terhindar dari Covid-19.

”Orang tua perlu membatasi aktivitas di luar rumah termasuk untuk anak-anak mereka. Jika memang terpaksa, orang tua harus jalankan selalu protokol kesehatan saat pulang ke rumah," ujar dr Muloaman Mansyur.

Baca juga: Berikut Sederet Manfaat Air Kelapa Muda yang Dipercaya Bisa Meningkatkan Imunitas Tubuh

Selain itu, lanjutnya, orang tua harus lebih bijak dalam hal meningkatkan daya tahan tubuh anak agar terlindungi dari virus dan tidak menjadi korban di masa pandemi ini.

"Orangtua juga harus memberikan terus stimulasi yang sesuai dengan usia anak sehingga tumbuh kembangnya dapat terus optimal,” ungkap dr. Muliaman.

Ia juga mengatakan bahwa nutrisi dengan gizi sehat dan seimbang berperan penting supaya sel-sel dalam tubuh menjadi lebih baik sehingga kalau ada yang rusak, itu bisa diperbaiki, termasuk sel-sel imun.

"Perhatikan juga nutrisi makro dan mikro pada anak, serta jadwalkan makan yang teratur yaitu 3x makan besar dan jam snacking," katanya.

dr Muliaman juga menuturkan, orang tua perlu memberikan nutrisi tambahan yang mengandung sinergi probiotik dan prebiotik, serta vitamin C, D dan E sebagai penunjang daya tahan tubuh anak.

Baca juga: Belum Terbukti Bisa Sembuhkan Covid-19, Ini Kandungan dan Manfaat Air Kelapa Sesungguhnya

Semua nutrisi tersebut bisa mendukung daya tahan tubuh anak, sehingga mampu menangkal virus.

Penelitian membuktikan bahwa sistem kekebalan tubuh sangat berhubungan dengan saluran pencernaan.

Hal ini terjadi karena saluran pencernaan yang baik memungkinkan penyerapan nutrisi dalam tubuh bisa dilakukan dengan baik, yang pada akhirnya membuat daya tahan tubuh menjadi lebih baik.

“Semua berpusat di saluran cerna anak-anak. Jadi selain makanan hariannya yang dijaga gizinya, nutrisi tambahan juga perlu diberikan," ungkapnya.

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved