Pasien Covid-19 di Rumah Sakit Surabaya Berkurang 40 Persen Setelah PPKM Sebulan

Pemerintah telah menerapkan PPKM Darurat pada 3 Juli 2021 dan disambung dengan PPKM Level 4 di beberapa kawasan, termasuk Kota Surabaya dan sekitarnya

FOTO/ISTIMEWA AHCC
Pasien Covid-19 di Rumah Sakit Surabaya Berkurang 40 Persen Setelah PPKM Sebulan 

TRIBUNJATIMWIKI.COM, SURABAYA - Pemerintah telah menerapkan PPKM Darurat pada 3 Juli 2021 dan disambung dengan PPKM Level 4 di beberapa kawasan, termasuk Kota Surabaya dan sekitarnya.

Diketahui, PPKM yang telah digelar selama sebulan tersebut memberikan dampak cukup signifikan bagi beberapa rumah sakit di Kota Surabaya.

Setelah PPKM diberlakukan tersebut, jumlah pasien di RS Rujukan Covid-19 di Surbaya mengalami penurunan.

Hal tersebut diungkapkan oleh Satgas Covid-19 Unair, dr Wiwin Is Effendi. Ia mengatakan, di RS Unair pasien Covid-19 sudah menurun hampir 40 persen.

"Iya benar seama PPKM ini ada penurunan pasien di IGD sebanyak 40 persen. Sekarang ini juga tidak ada penumpukan pasien," ujarnya.

Baca juga: Berikut Daftar Kereta Api Lokal dari Surabaya yang Tetap Beroperasi selama PPKM Darurat

Menurut laporn, saat ini RS Unair merawat 100 orang pasien Covid-19.

Tak hanya di RS Unair, hal serupa juga terjadi di RS Husada Utama.

"Alhamdulilah sudah menurun tajam, saat ini yang bergejala yang kami rawat. Sedangkan BOR turun sekitar 40 persen," jelas Direktur RS Husada Utama (RSHU) Surabaya, dr Didi D Dewanto SpOG.

Ditanyai soal perlukah PPKM diperpanjang kembai, dr Didi mengaakn soal pembukaan bertahap.

"Mungkin kalau diperpanjang lagi ekonomi yang akan lumpuh. Mungkin bisa dibuka bertahap sesuai saran dari epidemiolog," imbuhnya.

Penurunan pasien juga terjadi di RS PHC Surabaya, Humas PHC Surabaya, Irfan Prayogo mengatakan, sejak awal pandemi hingga saat terjadi penurunan pasien 45 hingga 50 persen.

Baca juga: Selama PPKM Darurat, Kereta Api Lokal Hanya Dikhususkan untuk Pekerja Esensial dan Kritikal

"Untuk BOR Covid saat ini per 2 Agustus 2021 tercatat sebesar 56 persen. Sedangkan Penurunannya mulai dari awal PPKM sampai dengan saat ini sekitar 45 hingga 50 persen," pungkasnya.

Sekadar informasi, pemeritah secara resmi telah memperpanjang PPKM hingga 9 Agustus mendatang. Dengan harapan penyebaran angka Covid-19 bisa berkurang.

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved