Apriyani Rahayu

Apriyani Rahayu merupakan atlet bulutangkis Indonesia yang berhasil meraih medali emas pada Olimpiade Tokyo 2020 bersama Greysia Polii dalam tim ganda

ISTIMEWA
Apriyani Rahayu (23) atlet bulu tangkis Indonesia yang berhasil meraih emas di Olimpiade Tokyo 2020. 

TRIBUNJATIMWIKI.COM, SURABAYA - Apriyani Rahayu merupakan atlet bulu tangkis Indonesia yang berhasil meraih medali emas pada Olimpiade Tokyo 2020 bersama Greysia Polii dalam tim ganda puteri.

Apriyani Rahayu sudah memperkuat tim bulu tangkis nasional ini lahir di Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara pada 29 April 1998.

Sejak pertama dipasangkan dengan Greysia Polii, Apriyani Rahayu berhasil meraih beberapa penghargaan.

Apriyani Rahayu mulai intens berlatih bulu tangkis pada akhir 2011 hingga tergabung dalam klub Jaya Raya Jakarta.

Pada tim junior, Apriyani Rahayu memperkuat tim ganda campuran dan di level senior ia bermain di nomor ganda puteri bersama Greysia Polii.

Baca juga: Greysia Polii

Berbagai medali perunggu, perak hingga emas berhasil ia kumpulkan dalam perlombaan bulu tangkis.

Berikut sederet prestasi Apriyani Rahayu:

Pada kejuaraan Asian Junior Championships, Apriyani Rahayu memperkuat tim ganda campuran. Dalam tiga kejuaraan yang diikutinya yakni pada 2015 dan 2016, ia berhasil meraih perunggu.

Sedangkan dalam kejuaraan World Junior Championships Apriyani Rahayu yang memperkuat tim ganda puteri dan ganda campuran berhasil merebut tiga medali perak dan satu medali perunggu dalam empat kali kejuaraan.

Greysia Polii (kiri) dan Apriyani Rahayu (kanan) atlet bulu tangkis yang berhasil raih emas dalam Olimpiade Tokyo 2020 dalam nomor ganda puteri.
Greysia Polii (kiri) dan Apriyani Rahayu (kanan) atlet bulu tangkis yang berhasil raih emas dalam Olimpiade Tokyo 2020 dalam nomor ganda puteri. (ISTIMEWA)

Prestasinya semakin terlihat saat ia berhasil meraih emas dalam Southeast Asian Games 2019 di mana ia memperkuat tim ganda puteri. Dalam kesempatan lain, Apriyani Rahayu juga berhasil mendapatkan perak dan perunggu dalam Southeast Asian Games.

Beberapa kejuaraan lain yang pernah ia ikuti di antaranya Asia Team Championships, Asian Games, Piala Sudirman, Kejuaraan Dunia BWF serta Olimpiade Tokyo.

Pada Olimpiade Tokyo 2020 nama Apriyani Rahayu semakin melejit dengan keberhasilannya bersama Greysia Polii meraih emas.

Apriyani Rahayu pernah berpasangan dengan atlet lain dalam perjalanan karirnya. Para pebulutangkis tersebut di antaranya Fachriza Abimanyu, Rosyita Eka Putri Sari, Rinov Rivaldy, Jauza Fadhila Sugiarto, Agripinna Prima Rahmanto Putra, Panji Akbar Sudrajat dan Greysia Polli sampai saat ini.

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved