Mengenal Tradisi Makan Kue Bulan dan Budaya Minum Teh Masyarakat Tionghoa ala Shangri-La Surabaya

Kue bulan atau mooncake yang memiliki rasa cenderung manis, akan cocok disantap bersama dengan minuman teh.

TRIBUNNEWSWIKI.COM/MELIA.LUTHFI.HUSNIKA
Menyantap kue bulan bersamaan dengan budaya minum teh merupakan tradisi yang dilakukan masyarakat Tionghoa setiap tahunnya dalam menyambut Festival Pertengahan Musim Gugur. 

TRIBUNJATIMWIKI.COM, SURABAYA - Kue bulan atau mooncake yang memiliki rasa cenderung manis, akan cocok disantap bersama dengan minuman teh.

Hal tersebut diungkapkan oleh Veny Rahayu selaku Chinese Operation Manager, Food and Beverage Shangri-La Hotel Surabaya. Menurutnya, rasa teh yang kuat bisa menetralisir kue bulan yang manis.

"Minuman teh paling cocok diseduh bersamaan dengan menyantap kue bulan. Apalagi varian kue bulan spesial kami yang berisi durian. Rasa durian yang pekat akan bisa dinetralisir dengan aroma teh yang diseduh," jelas Veny.

Baca juga: Koleksi Spesial Kue Bulan Shangri-La Hotel Surabaya untuk Sambut Festival Pertengahan Musim Gugur

Untuk itu, Veny mejelaskan beberapa tahapan budaya minum teh bersama.

Pertama, yang harus disiapkan adalah satu set teapot ya terdiri dari teko dan beberapa cangkir teh serta air panas.

"Sebelum mulai menyeduh teh, pertama harus menyiramkan air panas ke semua alat yang akan digunakan untuk membuat dan minum teh, tujuannya untuk membersihkan sema peralatan. Hal ini sekaligus menjadi pembeda budaya minum teh di China," jelas Veny.

Tahap selanjutnya, bahan teh seperti bunga, dimasukkan dalam mangkuk atau teko dan diberi air panas.

"Air panas harus menyntuh semua bagian bunga. Ditunggu 30 detik atau sampai berubah warna jadi kekuningan. Tapi jangan terlalu lama. Setelah itu air teh bisa dituangkan dalam teko kecil," Veny memaparkan.

Baca juga: Rayakan Dragon Boat Festival dengan Bakcang Asin-Manis ala Shangri-La Hotel Surabaya

Semua air dalam teko pertama, lanjtnya, harus dituangkan semua ke dalam wadah kedua. Tujuannya supaya tidak terjadi oksidasi karena terlalu lama merendam bunga teh.

"Nah setelah itu bisa disajikan ke dalam cup kecil dan disajikan pada yang lain. Setelah itu bisa dinikmati dengan menyeruput pelan dan mendiamkan sebentar dalam rongga mulut supaya aroma bunga teh meyebar. Kemuda diminum langsung," kata Veny.

Tenknik minum teh tersebut , menurutnya bisa mengurangi rasa pekat yang timbul dari mooncake berisi durian ataupun mooncake yang sangat manis.

"Biasanya tradisi menyantap kue bulan selalu diiringi dengan budaya minum teh. Karena keduannya merupakan satu rangkaian," pungkas Veny.

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved