Seniman Ninda Aviv Kenalkan Eksistensi Kartun di Indonesia Lewat Karya Makeup Karakter

Seniman Ninda Aviv Kenalkan Eksistensi Kartun di Indonesia Lewat Karya Makeup Karakter

ISTIMEWA
Seniman Ninda Aviv 

TRIBUNJATIMWIKI.COM, SURABAYA- Kartun selalu menjadi favorit. Tak hanya anak-anak, orang dewasa pun banyak menyukai serial kartun yang lucu. 

Namun, seiring perkembangan era digital, serial kartun yang tayang di televisi mulai dilupakan karena tergantikan dengan gawai. 

Hal tersebut memotivasi Ninda Aviv Rosita Devi untuk memperkenalkan kembali tokoh kartun melalui media yang berbeda, yakni face painting

Face painting atau yang juga dikenal dengan istilah makeup karakter sendiri merupakan kegiatan melukis wajah dengan metode khusus untuk menghasilkan karakter tertentu. 

"Saya senang sekali kartun apalagi yang kartun zaman dulu. Saya ingin mengangkat kembali beberapa karakter kartun tersebut supaya lebih dikenal di era sekarang," ujar Ninda, Senin (13/9/2021). 

Perempuan asal Bojonegoro tersebut menuturkan, ia memang menyukai dunia seni sejak lama. Bahkan, ia pernah menjadi penari dan makeup artist untuk pengantin. 

"Tapi karena pandemi terutama adanya PSBB dan PPKM, kami para seniman tidak pentas lagi. Job wedding juga sepi," ujarnya. 

Baca juga: Headpiece Etnik Bernuansa Gold Karya Ipank Capello, Gambarkan Sosok Dewi dalam Legenda Kerajaan

Ninda kemudian mencoba hal baru untuk mengisi kekosongan tersebut, yakni mempelajari teknik makeup karakter. Bagi pecinta seni seperti Ninda, belajar melukis wajah tidak menjadi hal sulit. 

"Saya fokus belajar tentang makeup karakter secara otodidak di rumah bermodalkan alat sederhana. Saya juga mulai mengikuti berbagai event challenge makeup online untuk mengasah kemampuan," kata Ninda. 

Terkait karakter kartun yany dibuat, Ninda mengaku sudah berkeinginan sejak lama melukiskan karakter-karakter favoritnya tersebut. 

Dari sekian banyak tema makeup karakter, Ninda paling menyukai tema kartun. "Karena paling rumit dan butuh detail, jadi tantangannya lebih. Kejelian dan kesabaran sangat penting untuk membuatnya" tambahnya. 

Perempuan kelahiran 5 April 1994 ini menjelaskan, inspirasinya membuat makeup karakter kartun karena televisi sudah jarang menayangkan kartun lama. 

Sedangkan menurutnya, kartun adalah salah satu tontonan yang bermanfaat. Selain menghibur dan lucu, kartun dinilai lebih aman ditonton semua usia. 

Ninda kemudian membuat beberapa karakater yang menjadi favorit pada masanya seperti Tom & Jerry. 

Ninda melukiskan karakter Tom sebagai kucing berwarna biru dan Jerry si tikus cokelat dengan detail. 

Baca juga: Kebaya Kombinasi Berpadu Makeup Semibold Sempurnakan Tampilan Beauty Tan Skin on BlackGold

Ada juga karakter Doraemon, Hello Kity, Donald Duck, Hacchi si lebah, Stitch, hingga berbagai karakter dalam kartun Spongebob. 

"Karakter dari kartun Spongebob cukup banyak. Ada Patrick bintang laut, Squidward, Plankton sampai Sandy si tupai juga ada," jelas Ninda. 

Masing-masing karakter ia lukiskan dalam satu wajah. Sehingga setiap karakter bisa terbentuk maksimal dengan space yang luas. 

Untuk membuat satu karakter, dibutuhkan waktu yang tak singkat. Terkadang Ninda harus rela begadang semalaman untuk menyelesaikan makeup karakter yang ia buat. 

Oleh karena itu, Ninda memilih waktu malam hari untuk membuat makeup karakter

Ikuti kami di
KOMENTAR
1197 articles 182 0

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.


Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved