Pionir Es Kopi Susu Kekinian Buka Cabang di Kota Surabaya, Bawa Konsep Tukucur yang Ramah Lingkungan

Sejak pertama berdiri pada tahun 2015, Toko Kopi Tuku belum pernah membuka cabangnya di luar Jabodetabek. 

SURYA/AHMAD ZAIMUL HAQ
Pionir Es Kopi Susu Kekinian Resmi Buka Cabang di Kota Surabaya, Bawa Konsep Tukucur yang Ramah Lingkungan 

TRIBUNJATIMWIKI.COM, SURABAYA - Sejak pertama berdiri pada tahun 2015, Toko Kopi Tuku belum pernah membuka cabangnya di luar Jabodetabek

Di tahun keenamnya berkembang, salah satu pionir es kopi susu kekinian ini mulai membuka cabang baru di Kota Surabaya

Cabang ke-18 tersebut sekaligus menjadi cabang pertamanya di luar kawasan Jabodetabek. 

Baca juga: Nongkrong Asik ala Thailand Coffee Shop di Pico Kopi Kediri

"Saya sendiri pernah eksplore peekopian di Surabaya sejak 2015 lalu. Saya juga bantu beberapa teman yang mengembangkan coffee shop kala itu. Saya merasa ada kehangatan yang terbangun di kota ini. Makanya saya ingin lebih dekat di sini," ujar Andanu Prasetyo, Owner Toko Kopi Tuku, Minggu (19/9/2021) sore.

Andanu menjelaskan, konsep yang ia bangun sejak awal untuk memulai bisnis coffee shop miliknya adalah 'kehangatan tetangga'. 

Ia ingin menyajikan 'kebaikan' melalui segelas kopi kepada orang-orang di sekitarnya yang ia sebut tetangga. Bahkan, Andanu menyebut para pelanggan Toko Kopi Tuku sebagai Tetangga Tuku. 

Pionir Es Kopi Susu Kekinian Resmi Buka Cabang di Kota Surabaya, Bawa Konsep Tukucur yang Ramah Lingkungan
Pionir Es Kopi Susu Kekinian Resmi Buka Cabang di Kota Surabaya, Bawa Konsep Tukucur yang Ramah Lingkungan (SURYA/AHMAD ZAIMUL HAQ)

"Awal saya buka Toko Kopi Tuku tidak muluk-muluk ingin jadi nomor satu. Saya ingin menyenangkan orang-orang di sekitar dengan hadirnya coffee shop ini. Gimana mau menjangkau yang jauh kalau yang dekat saja tidak kenal," jelasnya.

Baca juga: Incip Coffee Mocktail Beraroma Mawar di Pico Kopi Kediri, Cocok Buat yang Tak Suka Pahit 

Awal membuka kedai di Jakarta Selatan, kini Toko Kopi Tuku telah memiliki 18 cabang dan 12 di antaranya khusus pembelian online. 

Andanu menceritakan, pada awalnya, es kopi susu bukan merupakan menu andalan di Toko Kopi Tuku

"Es kopi susu dengan gula aren hadir karena waktu itu saya terus meracik minuman dingin berbasis kopi atas permintaan customer. Sampai muncul satu menu signature kami yaitu Es Kopi Susu Tetangga," Andanu memaparkan. 

Es Kopi Susu Tetangga ini kemudian menjadi menu yang mengawali jejak Toko Kopi Tuku dalam memperkenalkan rasa kopi dengan gula aren kepada masyarakat. 

Di cabang pertamanya di Kota Surabaya, Toko Kopi Tuku membawa menu signature tersebut untuk dikenalkan pada Tetangga Tuku di Kota Pahlawan. 

Pionir Es Kopi Susu Kekinian Resmi Buka Cabang di Kota Surabaya, Bawa Konsep Tukucur yang Ramah Lingkungan
Pionir Es Kopi Susu Kekinian Resmi Buka Cabang di Kota Surabaya, Bawa Konsep Tukucur yang Ramah Lingkungan (SURYA/AHMAD ZAIMUL HAQ)

Beralamatkan di SPBU bp Gubeng, Jalan Raya Gubeng No.39 A-41, Toko Kopi Tuku membawa 20 varian menu makanan yang bisa jadi pilihan menarik Tetangga Tuku. 

"Produk kita gak banyak, Es Kopi Susu Tetangga yang paling favorit. Ada sentuhan krim dan gula aren serta kopinya full Arabica," paparnya. 

Andanu juga menyediakan kopi dengan kapasitas besar yang disebutnya Tukucur. Tak hanya kopi, berbagai minuman kekinian lain seperti cokelat dan milk tea juga tersedia. 

"Tukucur dalam kemasan besar. Tujuannya bisa lebih ramah lingkungan dengan mengurangi penggunaan plastik sekali pakai sebagai kemasan," pungkasnya.

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved