Tips Hidup Sehat ala Influencer Andien Aisyah, Perhatikan Isi Piring hingga Terapkan 'Mindfulness'

Pandemi membawa perubahan pada gaya hidup. Terbatasnya aktivitas di luar ruangan membuat hal serba instan menjadi pilihan

ISTIMEWA
Andien Aisyah 

TRIBUNJATIMWIKI.COM, SURABAYA - Pandemi membawa perubahan pada gaya hidup. Terbatasnya aktivitas di luar ruangan membuat hal serba instan menjadi pilihan. 

Konsumsi makanan olahan terus meningkat seiring kebiasaan malas gerak selama di rumah saja. Padahal, terlalu sering mengonsumsi makanan cepat saji tidak baik untuk kesehatan 

Selain itu, kebiasaan malas gerak atau yang sering disebut 'mager' ternyata membawa cukup banyak dampak negatif. 

Untuk itu, Influencer Andien Aisyah membagikan tips menjalani hidup yang lebih sehat, terutama di masa pandemi seperti saat ini. 

"Gaya hidup terutama saat pandemi ini cenderung berubah. Biasanya orang aktivitas ke luar rumah untuk kerja, olahraga, sekarang makin jarang. Pola hidup seperti ini dikhawatirkan rentan penyakit," ujar perempuan yang juga health enthusiast ini, Sabtu (25/9/2021).

Menjadi pembicara di acara Webinar bertajuk 'Menjaga Jantung yang Baik' Andien Aisyah membagikan tiga tips pola hidup sehat yang selama ini dijalaninya selama bertahun-tahun. 

Baca juga: Mengenal Treatment Facial Architecture ala Miracle Clinic, Cantik Tak Perlu Jadi Orang Lain

Pertama soal isi piring. Perempuan bernama lengkap Andini Aisyah Hariadi ini mengatakan, ia sangat menjaga pola makan sehari-harinya. 

Andien mengaku selalu menjaga asupan makanan padat nutrisi dan jarang mengonsumso makanan cepat saji. Hal ini ia lakukan supaya asupan makanan yang masuk ke dalam tubuhnya benar-benar sehat. 


"Berkaca pada masa lalu di mana saya pernah kena tumor dan diperkirakan karena pola makan, jadi sekarang betul-betul menjaga. Menghindari makanan olahan dan cepat saji," ujarnya. 

Ia kini banyak mengonsumsi buah dan sayur. Untuk lauk, Andien mengatakan ia justru menyukai makanan yang banyak mengandung protein nabati seperti tempe. 

Penyanyi 36 tahun ini menuturkan, sejak ia menekuni pola makan sehat, tubuhnya menjadi lebih fit. "Bahkan di usia 36 tahun ini saya merasa lebih sehat dan segar dibanding usia 20an dulu," tambahnya. 

Selain asupan makanan, tips kedua yang tak kalah penting bagi Andien adalah aktif bergerak. Ia rutin melakukan olahraga untuk menjaga tubuhnya tetap bugar. 

Andien juga mengatur ritme olahraganya setiap hari supaya tidak terlalu memforsir tubuh. Caranya dengan mempersingkat durasi olahraga namun dilakukan rutin. 

"Dulu pernah olahraga keseringan dengan durasi yang lama eh malah tipes. Dari situ saya belajat untuk menemukan ritme saya. Jadi sekarang tiap hari olahraga, tapi waktunya sebentar-sebentar," papar Andien. 

Andien menjelaskan, tips hidup sehat ketiganya adalah senantiasa mendengarkan tubuh. Membangun komunikasi yanh baik dengan tubuh disebutnya bisa meningkatkan ketenangan diri. 

"Dengarkan tubuhmu. Kebutuhannya seperti apa sih. Terkoneksi dengan badan ini butuh latihan supaya bisa being mindfull ke diri sendiri. Setiap orang berbeda. Komunikasi ke diri sendiri perlu diasah," urainya. 

Mendengarkan bahasa tubuh ini dikatakan Andien juga bisa meredam diri dari gejolak stres yang berlebihan. Sehingga, manajemen stres dalam diri seseorang akan lebih baik. 

"Seperti yang kita tahu, stres adalah sumber banyak penyakit. Karena stres juga bisa membuat jantung bekerja terlalu keras yang akhirnya jadi bahaya. Maka dari itu saya rajin melakukan mindfulness dan meditasi," ungkap Andien. 

Deretan tips gaya hidup sehat yang ia lakukan bertujuan untuk mendapatkan pola hidup yang lebih mindful. Ia juga mengaku tak bisa menerapkan semua pola hidup tersebut dalam waktu singkat. 

"Perlu waktu lama supaya bisa terbiasa. Terutama bagaimana tubuh ini bisa terkoneksi dengan baik. Menerapkan olahraga rutin yang bisa bikin bahagia. Semuanya perlu dilatih pelan-pelan," papar Andien. 

Menurutnya, hidup sehat adalah sesuatu yang holistik, tak bisa dilakukan sekali namun harus terus-menerus. 

"Oleh karena itu mengatur mind, body, soul ini jadi kunci utama bagaimana bisa mengendalikan diri," pungkasnya.

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved