Hypebeast Nation 2021, Kenalkan Tren Sepatu Lokal Lewat Kampanye Indonesia Melangkah

Hypebeast Nation 2021, Kenalkan Tren Sepatu Lokal Lewat Kampanye Indonesia Melangkah

TRIBUNNEWSWIKI.COM/MELIA.LUTHFI.HUSNIKA
Beberapa sepatu lokal dalam gelaran Hypebeast Nation 2021 bertajuk 'Indonesia Melangkah' yang dilaksanakan oleh BPIP bersama Pakuwon Mall Surabaya. Acara ini akan berlangsung selama 10 hari, mulai 1-10 Oktober 2021.   

TRIBUNJATIMWIKI.COM, SURABAYA - Selama pandemi, banyak transformasi digital dan inovasi yang berkembang di berbagai industri, termasuk industri alas kaki. 

Perilaku komsumen juga mengalami pergeseran dan perubahan karena banyak kegiatan dilakukan di rumah saja. 

Terbiasa dengan perubahan kebiasaan tersebut membawa arah baru terhadap perubahan perilaku konsumen. 

Kepala Balai Pengembangan Industri Persepatuan Indonesia (BPIPI), Edi Suhendra mengatakan, industri alas kaki khususnya IKM termasuk sektor dengan mobilitas (high mobility) dan kontak fisik yang tinggi (high touch). 

Saat pandemi, IKM alas kaki harus mengurangi mobilitas manufakturnya agar risiko pandemi bisa dikendalikan, dan produksi tetap berjalan. 

"Interaksi dengan konsumen selama pendemi berubah drastis. IKM alas kaki dituntut mengembangkan fitur alternatif bagi konsumen untuk melakukan interaksi melalui platform digital yang tersedia," jelas Edi ditemui di acara pembukaan Hypebeast Nation 2021, Jumat (1/10/2021) sore.

Edi menuturkan, lahirnya optimisme saat pandemi dan munculnya semangat lokalisme di komunitas merk-merk lokal memberikan harapan baru bangkitnya industri alas kaki nasional. 

"Optimisme dan semangat tersebut BPIPI hadirkan dalam rangkaian gerakan #IndonesiaMelangkah sebagai wujud Komitmen Kecintaan dan Kebersamaan dalam mendukung karya anak bangsa," katanya. 

BPIPI hadir bersama Pakuwon Mall Surabaya berkolaborasi bersama dalam pameran dengan tema Hypebeast Nation yang menampilan produk-produk kebanggaan Indonesia. 

Berbagai kegiatan yang menarik dari Street Fashion Performance, Demo dan Talk show, Makers Talk hingga Workshop bakal memberikan banyak inspirasi bagi masyarakat agar semangat lokalisme tetap menjaga kualitas produk keberlanjutan bisnis. 

"Hypebeast Nation 2021 bertujuan untuk mengajak para pelaku industri sepatu lokal untuk menampilkan produk terbaik. Momentumnya tepat, meski masih pandemi. Seperti tajuk kegiatan ini 'Indonesia Melangkah' yang mendorong semangat para pelaku industri," papar Edi. 

Edi melanjutkan, Hypebeast Nation 2021 diharapkan menjadi salah satu wadah pembuktian merk-merk lokal alas kaki menunjukkan eksistensinya saat pandemi. 

"Bisa menampilkan ide, inspirasi dan menyebarkan semangat kebersamaan serta kecintaan pelaku industri dan kreatif alas kaki di Indonesia untuk bersama-sama berkolaborasi menghadapi krisis sat pandemi," kata Edi. 

Dengan melibatkan pelaku industri dan merk-merk alas kaki lokal, lanjut Edi, semangat #IndonesiaMelangkah ini menjadi gerakan bersama industri alas kaki nasional. 

"Supaya mampu untuk bahu membahu dengan masyarakat untuk semakin mencintai, membeli dan menggunakan produk lokal kebanggaan anak negeri," ungkapnya. 


Kenalkan Brand Sepatu Lokal Berkualitas 

Berkumpulnya para brand sepatu lokal di acara Hypebeast Nation 2021 ini juga bermaksud untuk mengenalkan para milenial dan masyarakat luas mengenai kualitas produk lokal yang tak kalah dengan brand impor. 

Baca juga: Sambut Surabaya Medical Tourism, National Hospital Siapkan Teknologi Canggih & Layanan Komprehensif 

Edi menuturkan, industri alas kaki lokal di Indonesia kini mencapai 18.000 IKM alas kaki. "Dengan begitu bisa kita lihat banyaknya brand lokal yang perlu dicoba," ujarnya. 

Ditanyai soal tren kesukaan para konsumen, Edi menjawab untuk model-model simpel. Menurutnya, kebiasaan di rumah saja selama pandemi berpengaruh terhadap ini. 

"Pandemi kan kita banyak di rumah. Sekarang lebih suka ke arah praktis. Jadi model sepatu simpel banyak dipilih," kata Edi. 

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved