Fakta Soal Mencukur Bulu, Justru Membuatnya Tumbuh Lebih Cepat

Mencukur bulu yang dianggap mengganggu penampilan tersebut menjadi pilihan untuk menghilangkannya secara instan.

ISTIMEWA
Ilustrasi 

TRIBUNJATIMWIKI.COM, SURABAYA - Banyak yang terganggu dengan tumbuhnya bulu di area underarm, tangan maupun kaki.

Mencukur bulu yang dianggap mengganggu penampilan tersebut menjadi pilihan untuk menghilangkannya secara instan.

Namun, tahukah kamu fakta mencukur bulu ternyata justru membuatnya lebih mudah tumbuh?

Dikatakan dr Evan Gunawan, Founder Evine Beautycare Surabaya, mencukur buru di area ketiak, tangan maupun kaki justru membuat bulu tumbuh lebih cepat dari biasanya.

Baca juga: Keunggulan IPL Hair Removal ala Evine Beautycare Dibanding Mencukur dan Waxing

Hal itu terjadi karena saat mencukur, bulu yang dipotong tidak sampai pada akarnya. "Kalau kita mencukur, yang hilang hanya ujungnya. Bagian akar rambut atau bulu tetap. Ini yang membuat siklus tumbuhnya justru lebih cepat," ungkap dr Evan.

dr Evan mengatakan, siklus tumbuh bulu yang makin cepat kemudian membuat proses pencukuran dilakukan berulang kali dalam waktu berdekatan.

"Ini juga tidak baik karena berpotensi mengiritasi kulit. Belum lagi bisa muncul seperti kulit ayam, bintil-bintil karena proses pencukuran," papar dr Evan.

Ia menyarankan, alih-alih mencukur, bisa menggunakan metode waxing. Yakni pelilinan dan pencabutan bulu sampai ke akar. Metode ini membuat bulu tumbuh lebih lama dari biasanya.

dr Evan Gunawan saat melakukan teatment IPL Hair Removal di Evine Beautycare Surabaya. Treatment ini bisa mencegah rambut atau bulu tumbuh selama satu tahun. Efektivitasnya mencapai 90 persen dengan minim iritasi.
dr Evan Gunawan saat melakukan teatment IPL Hair Removal di Evine Beautycare Surabaya. Treatment ini bisa mencegah rambut atau bulu tumbuh selama satu tahun. Efektivitasnya mencapai 90 persen dengan minim iritasi. (TRIBUNNEWSWIKI.COM/MELIA.LUTHFI.HUSNIKA)

Namun, ia mengimbau untuk tetap berhati-hati ketika memakai teknik waxing ini. Sebab, jika salah justru menyebabkan iritasi kulit.

Waxing juga kerap membuat proses pencabutan bulu lebih sakit daripada mencukur.

"Kalau mau yang lebih aman dan tahan lama bisa pakai IPL Hair Removal. Teknologinya membuat bulu rontok tanpa rasa sakit dan minim iritasi. Serta mencegah tumbuh hingga setahun lamanya," pungkasnya.

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved