Gabungkan Konsep Healthy Lifestyle dan No Waste, G-An Affairs of Flavors Sajikan Fushion Food Unik 

Gabungkan Konsep Healthy Lifestyle dan No Waste, G-An Affairs of Flavors Sajikan Fushion Food Bercita Rasa Unik 

TRIBUNNEWSWIKI.COM/MELIA.LUTHFI.HUSNIKA
Pengunjung tengah menikmati berbagai menu makanan fushion food yang mengusung konsep healthy lifestyle di G-An Affairs of Flavors Tunjungan Plaza 6 Surabaya, Senin (18/10/2021). 

TRIBUNJATIMWIKI.COM, SURABAYA - Masa pandemi membuat masyarakat lebih peduli terhadap gaya hidup sehat, termasuk dalam memilih makanan dan minuman. 

Masyarakat cenderung mengurangi konsumsi makanan yang kurang berdampak baik bagi kesehatan. 

Menyambut tren healthy lifestyle tersebut, resto sekaligus bar G-An Affairs of Flavors hadir untuk mendukung gaya hidup sehat dalam konsumsi sehari-hari. 

"Kami hadir di Surabaya untuk mendukung dan mengampanyekan healthy lifestyle. Melihat banyak masyarakat yang mulai aware mengenai gaya hidup sehat juga," ungkap Thomas Tirta, Chef Owner G-An Affairs of Flavors Tunjungan Plaza 6 Surabaya

Salah satunya, lanjut Chef Thomas, melalui varian menu yang terbuat dari bahan-bahan organik dan sehat. 

"Kami mulai dari sajian makanan dengan plain base, ada yang tanpa daging untuk vegetarian dan makanan untuk vegan yang rendah kalori. Kami juga ada yang no karbo dan no sugar" jelas Chef Thomas. 

Ia mencontohkan seperti menu nasi goreng ala G-An Affairs of Flavors yang berbahan dasar nasi shirataki. "Nasi goreng banyak yang jual, tapi pakai nasi shirataki masih jarang. Ini yang kami sebut sebagai langkah untuk mengangkat healthy lifestyle di sini," tambahnya. 

Selain itu, Chef Thomas memaparkan, pihaknya sengaja memilih bahan-bahan segar yang didapat dari sekitar restoran. Tujuannya, supaya bahan baku masakan lebih segar. 

Baca juga: Cara Membuat Dalgona Candy yang Viral di Squid Game, Cukup Pakai Dua Bahan Saja

"Kalau kami ambil terlalu jauh nanti tidak segar. Paling jauh kami ambilnya di Malang. Kami juga pilih yang organik supaya lebih sehat," jelasnya. 

Untuk menyajikan menu sehat yang tetap enak untuk dinikmati, Chef Thomas mengusung konsep fussion food. Di mana, ia menggabungkan cita rasa masakan tradisional dengan masakan western. 

Seperti menu Nacho ala Meksiko yang diberi saus Jimbaran. Keripik tortilla yang renyah berpadu siraman keju cair yang gurih ditambah saus Jimbaran yang asam memunculkan satu cita rasa baru yang unik. 

"Kami juga ada pangsit basah yang dipadukan dengan sambal terasi. Kalau biasanya pangsit basah atau dimsum kan pakai saus sambal atau tomat. Untuk menghadirkan cita rasa unik, kami pakai sambal terasi dan diberi jeruk purut supaya lebih segar," Chef Thomas memaparkan. 

Tak hanya mengusung healthy lifestyle, G-An Affairs of Flavors juga memegang prinsip no waste dengan mengurangi sampah makanan. 

No waste tersebut diterapkan dalam pengolahan bahan baku pembuatan makanan. Chef Thomas menuturkan, semua bagian bahan baku difungsika  tanpa dibuang. 

"Seperti ayam, mulai dari kulit, daging sampai tulang kami pakai semua. Kulitnya kami olah jadi keripik, dagingnya untuk olahan makanan pokok dan tulangnya kami jadikan stik," jelas dia. 

Baca juga: Incip Manisnya Dalgona Candy yang Viral dari Squid Game, Kini Hadir di Satria Roti Surabaya

"Sedangkan untuk sayuran layu, kami buat jadi bubuk menggunakan mesin khusus untuk dijadikan garnis. Jadi benar-benar kami manfaatkan dan menghindari membuang bahan," imbuhnya. 

Untuk minuman, G-An Affairs of Flavors juga menghadirkan kombinasi beverage dengan cita rasa lokal. 

"Kami menyajikan berbagai cocktails dan mocktails bervariasi dan unik. Ada yang kami kombinasikan dengan cita rasa lokal supaya lekat di lidah," ujar Aloysius Raynald Mixologist & Bar Manager G-An Affairs of Flavors

Seperti beverage 'Forbidden Garden' yang merupakan cocktails dengan warna yang bisa berubah. Minuman ini dipenuhi dengan bunga cantik yang dihidangkan dengan cara mencampurkan Gin yang sudah diinfuse bunga chamomile dan Bianco Bitter Liqueur. 

"Kami juga ada lho beverage yang ada rasa seperti klepon. Jadi memang inovasi minuman modern dengan cita rasa kekinian," tutup Ray.

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved