Pameran Tunggal I Made Gunawan Suguhkan Lukisan Imajiner 'Living Harmony', Perdana di Surabaya 

Tak kurang dari 30 lukisan karya seniman asal Bali, I Made Gunawan berjajar rapi di Villa Art Gallery, Jalan Rungkut Industri II/53, Surabaya. 

SURYA/AHMAD ZAIMUL HAQ
Lukisan karya I Made Gunawan 

TRIBUNJATIMWIKI.COM, SURABAYA - Tak kurang dari 30 lukisan karya seniman asal Bali, I Made Gunawan berjajar rapi di Villa Art Gallery, Jalan Rungkut Industri II/53, Surabaya. 

Lukisan-lukisan yang terpajang di galeri pabrik Teh Villa milik PT Karya Mas Makmur tersebut memiliki berbagai ukuran. Ada yang berukuran kecil layaknya hiasan dinding mini ada pula yang ukurannya besar mencapai 3 meteran. 

Lukisan berisi figur-figur imajiner tersebut merupakan gabungan antara seni lukis tradisi dan modern. Pelukis juga memberi sentuhan teknik nyawi untuk mempertegas beberapa bagian. 

"Lukisan-lukisan ini merupakan keseharian, kejujuran hati saya dan hal-hal kecil yang saya rasakan atau temui. Saya representasikan dalam bentuk lukisan bertajuk Living Harmony ini," ungkap Seniman I Made Gunawan di pameran tunggalnya, Jumat (10/12/2021). 

' Living Harmony' sendiri menurutnya adalah kondisi di mana kehidupan saling menjaga satu sama lain. Hubungan antar makhluk bisa berjalan selaras tanpa merugikan dan merusak. 

I Made Gunawan menggambarkan konsep kehidupan yang harmoni melalui hubungan antar manusia, manusia dengan hewan, benda maupun tanaman seperti pohon. Termasuk hubungan yang harmoni digambarkan dengan toleransi antar manusia. 

Keharmonisan hubungan manusia dengan hewan atau tumbuhan juga digambarkan I Made Gunawan dalam banyak lukisannya. Potret manusia bersama kerbau atau gajah merepresentasikan hubungan baik manusia dan hewan. 

"Hubungan tersebut bisa selaras dan harmoni. Manusia tidak membunuh binatang tanpa alasan. Juga tidak berlaku semena-mena terhadap binatang, sehingga terjalinlah hubungan yang demikian," ujarnya. 

Sedangkan harmonisasi hubungan manusia dengan tumbuhan ia gambarkan pada lukisan-lukisan pohon besar dengan objek imajiner yang menggambarkan manusia di dalamnya. 

Sebagian besar lukisan karya I Made Gunawan didominasi oleh pepohonan besar serta lukisan hewan kecil-kecil yang begitu elok. Menyatukan berbagai objek tersebut untuk menciptakan Living Harmony yang indah. 

Selain realisasi objek imajiner, dalam karyanya, I Made Gunawan mengatakan ia juga terobsesi dengan 'Makara' yang merupakan figur makhluk legendaris dalam mitologi Hindu. 

"Bagi saya, Makara adalah makhluk air dan digambarkan sebagai kendaraan Dewa Baruna. Saya tertarik pada Makara ini karena sosoknya adalah perpaduan figur gajah dan ikan, babi dan ikan, serta buaya dan ikan. Kemudian saya kembangkan dengan mendepormasi bentuk-bentuk figur binatang," ia menguraikan. 

I Made Gunawan juga banyak bereksplorasi mengenai figur wanita, gajah, ikan, akar-akar, burung, anak-anak yang bergelantungan, pohon, padi, rahang buaya, babi, kerbau dan bentuk imajiner lainnya. 

Ia juga mengolaborasikan figur-figur makhluk hidup tersebut dengan alat musik seperti biola, kendang, rebab serta alat gamelan untuk memburu capaian estetik. 

"Figur gajah menjadi salah satu pergulatan kreatif saya. Saya melukis ada gajah merah dan gajah biru. Saya coba mengeksplorasi figur gajah ini sesuai dengan imajinasi saya," paparnya. 

Seniman I Made Gunawan yang menggunakan teknik nyawi
Seniman I Made Gunawan yang menggunakan teknik nyawi (SURYA/AHMAD ZAIMUL HAQ)

"Dari figur-figur gajah imajinasi saya tersebut kemudian muncul wacana Ganeshi. Gagasan mengenai Ganeshi ini merupakan refleksi atas kekerasan, pelecehan seksual dan diskriminasi gender yang kerap terjadi. Saya berupaya menggali pemikiran soal konsep kultural, femomena sosial, gender dan filosofi realitas kehidupan," tambahnya. 

I Made Gunawan mengaku, ia juga melakukan eksperimen lain dengan memainkan objek sentral dan elemen pendukungnya. Salah satunya dalam lukisan gajah di mana peran objek sentral gajah dan figur orang bisa bertukar posisi. 

"Saya tidak ingin statis dalam berkarya. Saya coba untuk selalu mengikuti kreativitas dan imajinasi saya kemudian saya tuangkan ke dalam karya seni lukis," pungkasnya.

Pameran tunggal I Made Gunawan didukung penuh oleh Villa Art Gallery PT Karya Mas Makmur. Pihak manajemen menyediakan galeri khusus yang digunakan untuk memajang karya seniman.

"Kami mengapresiasi karya seni dari I Made Gunawan dengan mengajak kolaborasi dengan Villa Art Gallery di Surabaya. Pesan hidup harmonis dalam karya yang diusungnya membuat saya tertarik. Karena di kondisi seperti ini keselarasan dalam hidup menjadi hal yang penting," ungkap Ronald dari PT Karya Mas Makmur.

Pameran tunggal Living Harmony karya I Made Gunawan ini akan berlangsung sampai Selasa (21/12/2021).

 

 

 

 

Ikuti kami di
KOMENTAR
1316 articles 182 0

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.


Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved