PermataBank Berdayakan Lebih dari 100 Penyandang Disabilitas untuk Siap Kerja dan Berwirausaha

PermataBank Berdayakan Lebih dari 100 Penyandang Disabilitas untuk Siap Kerja dan Berwirausaha

zoom-inlihat foto PermataBank Berdayakan Lebih dari 100 Penyandang Disabilitas untuk Siap Kerja dan Berwirausaha
ISTIMEWA
PermataBank Berdayakan Lebih dari 100 Penyandang Disabilitas untuk Siap Kerja dan Berwirausaha

SURABAYA - Sejak diluncurkan pada September 2021 lalu, perluasan program pemberdayaan penyandang disabilitas PermataBank yang bernama PermataBRAVE telah sukses menjangkau lebih dari 100 penyandang disabilitas.

Melalui inisiatif CSR-nya yaitu PermataHati, PermataBank menghadirkan program PermataBRAVE untuk menyiapkan penyandang disabilitas dalam menjalankan kehidupan yang lebih independen dengan menyediakan pelatihan kesiapan kerja.

Tak hanya itu, ada pula pendampingan dan pemberian modal untuk pelaku usaha, bantuan alat bantu mobilitas, hingga beasiswa pendidikan bagi mereka yang duduk di bangku kuliah.

PermataBank bermitra dengan Thisable dalam menyediakan pelatihan kesiapan kerja bagi 56 penyandang disabilitas dalam bidang Barista; Telesales; Hospitality; Makeup & Hairdo; Entrepreneurship; dan penyerahan beasiswa pendidikan kepada mahasiswa/i dari berbagai daerah di Indonesia.

Baca juga: PermataBank Indonesia

Selain itu, PermataBank juga bermitra dengan Precious One dalam menyelenggarakan program BANGGA yang memberikan pendampingan intensif secara daring selama dua bulan kepada 37 UMKM disabilitas berlokasi di Jakarta, pulau Jawa, Sumatera, dan Kalimantan.

Dalam upaya mendukung dan mempermudah penyandang disabilitas untuk beraktivitas dan bersaing di tengah masyarakat, PermataBank juga bermitra dengan DARE Foundation dalam menyediakan kaki palsu kepada 10 penerima manfaat dari Jakarta dan Bandung, termasuk di antaranya yaitu Ferry Gunawan, seorang pengemudi ojek online yang sebelumnya merakit sendiri kaki palsu-nya menggunakan peralatan seadanya, dengan mengikuti panduan yang ia temukan secara online.

"Dengan bekerjasama dengan mitra-mitra yang memiliki visi dan misi selaras seperti Thisable, Precious One, dan DARE Foundation, ia ingin turut menciptakan lingkungan masyarakat yang lebih setara untuk teman-teman disabilitas melalui pelatihan-pelatihan keterampilan dan pengalaman kerja praktik," ungkap Richele Maramis, Head of Corporate Affairs PermataBank.

Baca juga: Sabet Nominasi 10 Besar Bank Terbaik di Indonesia, Kini PermataBank Resmi Jadi Bank BUKU IV

PermataBRAVE, lanjutnya, juga memberikan pendampingan, serta bentuk dukungan lainnya yang dapat membantu mereka menjadi individu yang lebih berdaya.

"Ke depannya, PermataBank melalui PermataHati CSR akan terus mewujudkan komitmen kami dalam membuat perubahaan atau Making a Difference melalui pemberdayaan komunitas penyandang disabilitas. Program ini akan terus diadakan secara berkala dan berkelanjutan," katanya.

Materi literasi finansial dan beragam soft skill serta motivasi juga diberikan dalam program PermataBRAVE ini sehingga para penyandang disabilitas mendapatkan pengalaman, ilmu dan wawasan yang cukup untuk bersaing di tengah masyarakat.

Sementara itu, Ravi Indra Putra, salah satu peserta pelatihan Hospitality mengatakan, ia sangat senang mendapatkan kesempatan untuk mengikuti pelatihan Hospitality yang terselenggara atas kerja sama PermataBank dan Thisable ini.

"Selama pelatihan, banyak hal yang saya pelajari untuk meningkatkan kapabilitas saya. Tentu saya berharap ke depannya saya bisa mengaplikasikan ilmu yang saya dapatkan di sini dalam pekerjaan yang mapan. Saya juga berharap akan semakin banyak lembaga lain di luar sana yang juga membuka kesempatan pelatihan seperti ini untuk teman-teman disabilitaslainnya," ucapnya.

PermataBRAVE merupakan bentuk kontribusi PermataBank terhadap pengembangan potensi penyandang disabilitas di seluruh Indonesia. 

Selain PermataBRAVE, Melalui program PermataHati CSR, PermataBank terus memberikan edukasi terkait literasi keuangan kepada berbagai lapisan masyarakat, termasuk penyandang disabilitas di seluruh Indonesia.

Pada tahun 2021, PermataHati menjangkau lebih dari 7.000 penerima manfaat, memberikan hampir 850 beasiswa dan melibatkan sekitar 2.500 sukarelawan karyawan sebagai penggerak utama inisiatif CSR Bank.

Ikuti kami di
KOMENTAR
1418 articles 182 0

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.


Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved